Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Saingi TikTok, Fitur Messenger Balik Lagi ke Aplikasi Facebook

Kompas.com - 09/03/2023, 16:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pada 2014 lalu, Facebook memutuskan untuk memisah fitur perpesanan antarteman ke dalam suatu aplikasi bernama Messenger.

Artinya, pengguna smartphone tak bisa lagi bercakap-cakap secara daring di aplikasi Facebook, kecuali mereka memasang aplikasi Messenger.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg kala itu, pemisahan ini dilakukan untuk memberikan pengalaman Messenger yang lebih baik kepada pengguna.

Kini, setelah kurang lebih 9 tahun, fitur yang ada di Messenger dipastikan akan kembali ke aplikasi Facebook. Hal ini disampaikan Head of Facebook, Tom Alison dalam sebuah wawancara dengan kantor berita CNN.

Baca juga: Induk Facebook Akan Tanamkan AI di WhatsApp dan Messenger

Menurut Tom, kembalinya Messenger ke dalam aplikasi Facebook akan membuat pengguna memulai percakapan-percakapan baru ketika mereka melihat konten dari suatu pengguna di linimasa Facebook.

Selain itu, penggabungan ini, lanjut Tom, juga dilakukan demi menyaingi sejumlah media sosial yang tengah populer saat ini, serta memenuhi kebutuhan orang-orang yang memulai suatu komunitas dari sebuah percakapan.

"Nantinya, satu yang akan membedakan Facebook dengan media sosial lain macam Instagram, TikTok, dkk adalah kemampuan aplikasi tersebut untuk mendukung aktivitas percakapan yang muncul setelah seseorang melihat postingan Facebook," jelas Tom, dikutip KompasTekno dari CNN, Kamis (9/3/2023).

Tom tidak menyebutkan kapan pengguna Facebook bakal bisa menikmati fitur Messenger, atau yang biasa disebut "Chats", langsung dari aplikasi Facebook.

Ilustrasi fitur Messenger yang sudah bisa diakses langsung di aplikasi Facebook.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Messenger yang sudah bisa diakses langsung di aplikasi Facebook.

Namun pantauan KompasTekno Kamis (9/3/2023) pagi, fitur Messenger tampaknya sudah bisa kami nikmati secara langsung dalam aplikasi Facebook kami (versi 404.0.0.35.70) tanpa harus memasang aplikasi Messenger.

Baca juga: Fitur Baru “Comunity Chats” di Messenger Serupa Discord


Seperti sebelumnya, pengguna bisa bercakap-cakap lewat fitur Chats di Facebook dengan cara menekan ikon "Messenger" yang ada pojok kanan atas tampilan utama Facebook.

Setelah itu, pengguna bisa melihat daftar percakapan yang telah mereka jalin lewat Messenger selama ini, sekaligus bisa ngobrol dengan para kerabatnya secara langsung di aplikasi Facebook.

Nah, untuk bisa bercakap-cakap kembali di aplikasi Facebook, pengguna tentunya harus memperbarui aplikasi Facebook di toko aplikasi masing-masing, entah itu Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Jika sudah diperbarui tapi belum bisa menggunakan fitur Messenger di aplikasi Facebook, maka pengguna agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru di sebuah aplikasi biasanya digelontorkan si pembuat aplikasi tersebut secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com