Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Discord Rilis 5 Fitur Baru Berbasis AI dan ChatGPT

Kompas.com - 11/03/2023, 08:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Mengikuti jejak Slack dan Skype, Discord kini juga mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT ke dalam layanan komunikasinya.

Melalui blog resmi Discord, Anjney Midha selaku VP of Platform Ecosystem Discord menjelaskan bahwa keputusan ini diambil melihat kepopuleran teknologi kecerdasan buatan dari pihak ketiga di layanan komunikasi itu.

"Hampir 3 juta server Discord menyertakan pengalaman berbasis AI, mulai dari pembuatan aset game, penulisan novel, sampai pengalaman lainnya seperti pendamping AI, perusahaan AI, dan komunitas belajar berbasis AI," tulis Anjney.

Baca juga: Gamer Indonesia Sudah Bisa Halo-halo lewat Discord di PS5

"Lebih dari 10 persen pengguna Discord baru bergabung secara khusus untuk mengakses komunitas AI di platform kami," lanjutnya.

Adapun fitur baru Discord yang memanfaatkan teknologi OpenAI dibagi menjadi lima, yakni fitur chatbot Clyde yang ditenagai ChatGPT, AutoMod berbasis AI, perangkuman percakapan, pengeditan foto profil, dan papan tulis AI untuk corat-coret bersama.

Ketiga fitur yang pertama disebutkan segera digelontorkan secara terbatas di sejumlah server yang terpilih. Sedangkan untuk kedua fitur lainnya belum memiliki tanggal rilis atau uji coba yang jelas.

Lantas, apa saja fungsi fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan yang diumumkan Discord? Berikut adalah rinciannya, sebagaimana dicatat KompasTekno dari blog resmi Discord, Sabtu (11/3/2023).

  • Chatbot Clyde bisa diajak mengobrol

ilustrasi fitur baru Discord berbasis AIDiscord ilustrasi fitur baru Discord berbasis AI

Bagi pengguna aktif Discord, Clyde bukanlah nama yang asing karena bot Discord inilah yang menjawab perintah dari pengguna, seperti perintah /nick untuk mengubah nama dan /msg untuk mengirim pesan.

Baca juga: Penulis Manga One Piece Pakai ChatGPT untuk Cari Ide Cerita Baru

Dengan pembaruan ini, Clyde akan menjadi lebih 'hidup' karena sudah ditenagai ChatGPT. Clyde bisa melakukan banyak aktivitas, seperti menjawab pertanyaan, berbincang dengan pengguna, dan memberikan rekomendasi musik.

Cara kerjanya, pengguna tinggal mengetik "@Clyde" untuk mulai mengaktifkan chatbot tersebut. Chatbot ini nantinya dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Misalnya seperti gambar di atas, pengguna dengan handle moongirl meminta Clyde untuk mengirimkan GIF.

Tidak lama kemudian, pengguna dengan handle Pen menanyakan kabar Clyde sebelum akhirnya menginstruksikannya untuk mencari fakta unik tentang kucing.

Meskipun bisa digunakan di server, perlu dicatat bahwa Clyde bersifat opsional sehingga dapat dinonaktifkan oleh moderator server.

Data penggunaan chatbot ini nantinya diklaim tidak akan dibagikan atau digunakan untuk melatih mesin OpenAI, sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com