Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membeli HP Baru, Pertimbangkan 8 Hal Ini Dulu agar Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 12/03/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, tersedia sangat banyak model HP (handphone) di pasaran. Dengan jumlah model yang begitu banyak, pengguna mungkin bakal bingung untuk memilih ketika hendak membeli HP baru.

Supaya tidak bingung, tips membeli HP baru adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.
Tips membeli HP baru tersebut penting untuk dilakukan karena jika tidak, HP nantinya jadi tak bisa dipakai secara optimal untuk menunjang kebutuhan dalam taraf tertentu.

Baca juga: 10 Tips Membeli iPhone Bekas agar Tidak Tertipu

Untuk diketahui, kebutuhan penggunaan HP bisa berbeda-beda antar pengguna. Ada pengguna yang memakai HP untuk kebutuhan bermain game, ada yang buat fotografi, dan ada juga yang butuh HP untuk menunjang aktivitas bepergian.

Agar sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli HP?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjabaran beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru agar sesuai dengan kebutuhan.

8 hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru

1. Sesuaikan budget

Pertama, hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru adalah menyesuaikan anggaran atau budget yang dimiliki. Menyesuaikan budget dapat membatasi pencarian model HP yang hendak dibeli sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan.

Setelah menyesuaikan budget, kini saatnya melihat spesifikasi HP dari berbagai sektor yang sesuai dengan kebutuhan pribadi.

2. Layar

Ukuran dan resolusi layar HP dapat dipertimbangkan agar sesuai dengan kebutuhan. Bila senang dengan aktivitas-aktivitas seperti menonton film dan mengedit video atau gambar, pengguna bisa memilih HP dengan layar 6 inci dengan resolusi Full HD atau QHD.

Jika senang bermain game, spesifiksi layar yang mendukung refresh rate di atas 90 Hz bisa dijadikan sebagai pertimbangan membeli HP

3. Baterai

Pertimbangan membeli HP yang berikutnya adalah dengan melihat kapasitas baterai. HP dengan baterai berkapasitas besar, misal 5.000 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat bakal cocok buat pengguna yang suka beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan HP Bekas, Bisa Jadi Remote sampai CCTV

4. Kamera

Keempat, hal yang perlu diperhatikan juga adalah kamera. HP dengan berbagai fitur kamera yang cukup lengkap, seperti tersedia kamera ultra wide dan telephoto, dukungan mode malam, dan lainnya, bakal cocok buat menunjang kebutuhan fotografi.

5. Chipset

Chipset menentukkan cara HP bakal digunakan. Bila hendak memakai untuk aktivitas berat, seperti mengedit video, bermain game, atau menjalan beberapa aplikasi secara bersamaan maka pengguna bisa memilih HP dengan chipset seri teranyar dan berkecepatan tinggi.

6. RAM dan memori penyimpanan

Selain chipset, RAM dan memori penyimpanan juga menjadi faktor yang menentukkan cara HP bakal digunakan. HP dengan kapasitas RAM yang cukup besar, misal 8 GB, bakal cocok dalam mendukung aktivitas multitasking seperti untuk membuka banyak aplikasi.

Kemudian, kapasitas memori penyimpanan juga penting buat dipertimbangkan. Pilihlah HP dengan kapasitas memori penyimpanan yang besar, misal 256 GB ke atas, apabila nanti sering dipakai buat menyimpan berbagai file media.

7. Dukungan sistem operasi terbaru

Dukungan sistem operasi terbaru juga bisa jadi pertimbangan membeli HP. Jika berencana membeli HP dan dipakai jangka panjang atau tidak gonta-ganti maka pastikan memilih model yang mendapat dukungan sistem operasi terbaru dalam beberapa tahun ke depan.

Dukungan sistem operasi terbaru membuat HP dapat terus memperoleh fitur-fitur terkini, perbaikan bug, dan perbaikan pada celah keamanan. Dengan pembaruan tersebut, HP dapat bekerja secara optimal.

8. Fitur lainnya

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP adalah fitur lain di dalamnya. Fitur lain itu seperti dukungan koneksi jaringan seluler generasi tertentu, misal 4G atau sudah 5G. Kemudian, juga terdapat dukungan NFC atau tidak.

Selain itu, fitur lain berkaitan pula dengan dukungan sistem keamanan biometrik, misal pemindai wajah atau pemindai sidik jari. Jika dirasa butuh buat menunjang aktivitas sehari-hari, pastikan membeli HP yang mendukung fitur-fitur lain tersebut.

Baca juga: Setop 3 Kebiasaan Ngecas HP seperti Ini agar Baterai Awet

Dengan melihat beberapa pertimbangan membeli HP di atas, pengguna bisa mendapat perangkat yang sesuai kebutuhan. Itulah hal yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru agar sesuai dengan kebutuhan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com