Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi MSI agar Eksis di Pasar Laptop Indonesia

Kompas.com - 13/03/2023, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap perusahaan yang meluncurkan produk di Indonesia tentunya memiliki strategi masing-masing untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan target pasarnya di tanah Air. 

Merek laptop asal Taiwan, Micro-Star International (MSI), misalnya, meluncurkan sembilan laptop sekaligus untuk pasar Indonesia di 2023. Kesembilan laptop ini menyasar segmen pasar yang berbeda, mulai dari bisnis, gaming, hingga mainstream.

Namun tidak sekadar meluncurkan produk baru, MSI juga memiliki tiga strategi andalan supaya laptop-laptop yang mereka pasarkan di Indonesia di tahun ini mampu menarik minat konsumen Tanah Air. 

Baca juga: MSI Luncurkan 9 Laptop Baru di Indonesia, Termurah Rp 16 Juta

Strategi pertama adalah menghadirkan beragam laptop yang memiliki teknologi pertama di dunia, di pasar Indonesia untuk pertama kalinya. Strategi ini disebut MSI sebagai time-to-market.

Adapun strategi ini dilakukan supaya MSI dianggap sebagai merek yang serius berjualan laptop di Tanah Air. 

"Time-to-market adalah salah satu strategi kami di 2023. Dengan strategi ini, kami akan selalu berusaha menjadi perusahaan yang meluncurkan laptop dengan teknologi terbaru pertama di Indonesia," ujar MSI Notebook Marketing Chief Representative Chris Kuo kepada KompasTekno di acara peluncuran laptop MSI di Park Hyatt Ballroom, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2023).

Strategi tersebut tampaknya sudah tercermin di awal 2023 ini, yaitu dengan meluncurkan MSI Titan GT77HX di Indonesia, laptop yang diklaim pertama di dunia yang dibekali dengan layar Mini LED 4K 144 Hz. 

Tingkatkan brand value

Ilustrasi laptop MSI Creator 17 HX Studio.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi laptop MSI Creator 17 HX Studio.

Kemudian, MSI juga memiliki strategi untuk meningkatkan nilai atau popularitas merek alias brand value mereka di Indonesia, supaya merek laptop asal Taiwan tersebut dikenal orang banyak di 2023. 

Strategi ini bisa dilakukan dengan menghadirkan serta mempromosikan beragam fitur andalan, begitu juga aneka teknologi baru, di berbagai laptop yang dijual MSI di Tanah Air. 

Baca juga: Cara Mengecas Laptop yang Benar agar Baterai Tak Mudah Rusak

"Hal ini yang menjadi alasan mengapa kami selalu mengumbar fitur-fitur unggulan di jajaran laptop baru kami," imbuh Kuo. 

Lalu strategi selanjutnya adalah MSI akan tetap berinovasi dan memastikan semua desain dan teknologi yang ada di beragam laptop yang dijual mereka di Indonesia bisa cocok dan memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air. 

Untuk mencari tahu apa kebutuhan konsumen, MSI akan membuat riset terlebih dahulu terkait tanggapan (feedback) konsumen Indonesia terhadap laptop-laptop bermerek MSI. Nantinya, aneka feedback ini akan dikirimkan ke Taiwan (HQ) untuk dianalisa lebih lanjut. 

"Jadi intinya di 2023 ini, MSI ingin tetap konsisten di Indonesia dengan menjual fitur unggulan di laptop kami demi meningkatkan brand value, menghadirkan laptop sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan berusaha menjalankan strategi time-to-market," pungkas Kuo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com