Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iQoo Z7i Meluncur, Ponsel Pertama dengan Chipset Dimensity 6020

Kompas.com - 14/03/2023, 07:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - iQoo resmi meluncurkan ponsel terbarunya bernama iQoo Z7i di pasar China pada Senin (13/3/2023).

Smartphone bikinan sub-brand Vivo ini menyasar kategori entry-level dan diklaim sebagai ponsel pertama dengan chipset Mediatek Dimensity 6020

Chipset yang dirancang menggunakan fabrikasi 7 nanometer (nm) ini dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core), yang terdiri dari dua inti Cortex-A76 dengan kecepatan clock 2,2 GHz dan enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,0 GHz. 

Baca juga: MediaTek Dimensity 7200 Meluncur, Chipset Gaming untuk Ponsel Menengah

CPU tersebut ditemani dengan unit pengolah grafis (GPU) Mali-G57. iQoo Z7i punya tiga opsi RAM yang bisa dipilih yaitu 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Adapun kapasitas media penyimpanannya sebesar 128 GB. 

Beralih ke aspek desain, tampilan iQoo Z7i khas dengan ponsel Android kebanyakan yang menyasar entry-level.

Pada bagian depan, misalnya, layar ponsel ini mengadopsi panel LCD dengan luas 6,51 inci dan resolusi HD Plus. Bezel di sekeliling ponsel masih tampak cukup tebal.

Di bagian tengah atas layar, terdapat "poni" berbentuk ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 5 MP.

Berpindah ke bagian belakang iQoo Z7i, di sisi ini terdapat dua buah kamera yang dimuat dalam modul persegi, terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP. 

ilustrasi iQoo Z7i.GSMArena ilustrasi iQoo Z7i.
Di balik cangkang, tertanam baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 15W. 

Baca juga: iQoo Z7 Pro 5G Meluncur di Indonesia Sebentar Lagi?

iQoo Z7i menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OriginOS Ocean, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (14/3/2023). 

Di pasar China, iQoo Z7i hadir dalam dua varian warna, yaitu Moon Shadow Black dan Ice Lake Blue. Keduanya memiliki karakter warna yang mengilap.

Di "Negeri Tirai Bambu", ponsel ini dibanderol 949 yuan (sekitar Rp 2,1 juta) untuk varian terendah 4 GB/128 GB, 999 yuan (sekitar Rp 2,2 juta) untuk 6 GB/128 GB, dan 1.099 yuan untuk 8 GB/128 GB (sekitar Rp 2,4 juta).

Belum diketahui apakah iQoo Z7i akan turut dijual di luar pasar China, seperti Indonesia, atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com