Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Membeli Laptop, Perhatikan Beberapa Hal Ini agar Tak Salah Pilih

Kompas.com - 14/03/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Laptop jadi salah satu perangkat yang penting buat pengguna saat ini karena dapat membantu menyelesaikan pekerjaan secara fleksibel. Lantaran penting, tips membeli laptop tampaknya perlu juga untuk diketahui.

Supaya bisa membantu menyelesaikan pekerjaan secara optimal, diperlukan laptop yang sesuai. Oleh karena itu, membeli laptop sepertinya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam tips membeli laptop, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Laptop Asus ProArt Studiobook 16 3D OLED Punya Layar 3D, Ini Kemampuannya

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli laptop? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rincian beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop agar tak salah pilih dan nanti dapat digunakan secara optimal sesuai kebutuhan.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop

1. Sesuaikan budget

Pertimbangan membeli laptop yang pertama adalah menyesuaikan budget atau anggaran yang dimiliki. Dengan mempertimbangkan itu, pengguna dapat membatasi pencarian model laptop yang hendak dibeli sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi

Pengguna jadi tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli laptop yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Setelah menyesuaikan budget, kini saatnya melihat spesifikasi laptop dari berbagai sektor yang perlu diperhatikan.

2. Sistem operasi

Di pasaran, terdapat berbagai model laptop dengan jenis sistem operasi yang berbeda. Umumnya, terbagi menjadi tiga jenis sistem operasi, yaitu laptop dengan Window OS, laptop dengan MacOS (Macbook), dan laptop dengan ChromeOS (Chromebook).

Aplikasi atau software bisa berjalan di laptop ditentukan oleh sistem operasi yang digunakan. Jika sering menggunakan aplikasi-aplikasi yang hanya bisa berjalan di Windows OS maka laptop berbasis Windows OS bakal lebih cocok untuk dipilih.

3. Layar

Pertimbangan membeli laptop yang ketiga adalah soal ukuran dan resolusi layarnya. Dikutip dari Lifewire, ukuran layar laptop itu bermacam-macam, ada yang 18 inci, 17 inci, 16 inci, 15 inci, dan lainnya. Sementara itu, layar laptop yang digemari umumnya berukuran 13 inci.

Resolusi layar juga bermacam-macam, seperti Full HD (1920x1080), WXGA ( 2560x1600), hingga 4K Ultra HD (3840x2160). Pilih laptop dengan ukuran dan resolusi layar yang dapat menunjang kebutuhan pekerjaan.

4. CPU dan GPU

Spesifkasi di bagian CPU (Central Processing Unit) atau biasa disebut prosesor penting buat menjadi pertimbangan membeli laptop. Sebab, semua aktivitas pengguna di laptop dieksekusi melalui CPU.

Tiap laptop dibekali CPU dengan arsitektur yang beragam. Jika perlu buat menunjang aktivitas berat seperti bermain game maka laptop dengan CPU generasi terbaru dan berkecepatan tinggi dapat menjadi pilihan yang cocok.

Sama halnya CPU, GPU (Graphics Processing Unit) atau biasa disebut kartu grafis juga perlu dipertimbangkan. Komponen ini pada dasarnya berfungsi buat memproses data-data grafis di laptop.

Baca juga: 10 Laptop Gaming Asus Harga Rp 11 juta - Rp 20 jutaan

Jika perlu buat edit gambar atau video secara intensif, laptop dengan GPU yang terpisah dari CPU bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, laptop nanti bisa dipakai buat memproses data grafis secara optimal.

5. RAM

Kelima, hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop adalah kapasitas RAM (Random Access Memory). Untuk menunjang aktivitas multitasking seperti menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, diperlukan RAM dengan kapasitas yang cukup besar, misal 8 GB.

6. Memori penyimpanan

Bila hendak digunakan untuk menyimpan data file-file berukuran besar, pilihlah laptop dengan memori penyimpanan berkapasitas 256 GB ke atas. Selain kapasitas, perlu dipertimbangkan pula jenis memori penyimpanan yang digunakan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com