Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 15/03/2023, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TomTom

KOMPAS.com - Kota Jakarta semakin macet pada 2022. Setidaknya begitu menurut TomTom Traffic Index, sebuah riset dari perusahaan pembuat alat navigasi TomTom, yang biasa dipakai untuk menggambarkan kemacetan berbagai kota di dunia. 

Nah, dalam TomTom Traffic Index 2022, tingkat kemacetan Jakarta kini berada di peringkat ke-29 dari 389 kota di dunia.

Peringkat kota Jakarta ini meningkat apabila dibandingkan TomTom Traffic Index 2021 lalu. Kala itu, tingkat kemacetan Jakarta berada di posisi ke-46 dari 404 kota di dunia.

Meski peringkat tingkat kemacetan Jakarta di 2022 naik apabila dibandingkan dengan 2021, perlu dicatat bahwa riset TomTom Traffic Index di 2022 dan 2021 mengadopsi metode penelitian yang sedikit berbeda.

Baca juga: Ini Bukti Jakarta Semakin Macet Dibanding Tahun Lalu

Pada versi 2022, TomTom Traffic Index menyertakan durasi perjalanan yang bisa ditempuh pengguna dalam jarak per 10 km. Di Jakarta contohnya, jarak 10 km bisa ditempuh dalam waktu sekitar 22 menit. 

Lalu pada TomTom Traffic Index 2021, tingkat kemacetan rata-rata sebuah kota diukur menggunakan persentase, di mana Jakarta memiliki persentase kemacetan sekitar 34 persen.

Ini artinya, ada kemungkinan perubahan metode analisis ini berpengaruh terhadap peringkat tingkat kemacetan sebuah kota di dunia versi tomTom Traffic Index di 2022 kemarin.

Rata-rata waktu tempuh per 10 km saat ini di Jakarta menurut riset TomTom.TomTom Rata-rata waktu tempuh per 10 km saat ini di Jakarta menurut riset TomTom.

Terkait TomTom Traffic Index 2022, data tersebut turut mencatat bahwa kota London, Inggris dinobatkan sebagai kota termacet nomor satu di dunia, di mana jarak 10 km bisa ditempuh dalam waktu sekitar 36 menit, selisih 14 menit dari Jakarta. 

Baca juga: Mirip Waze, Google Maps Kini Punya Fitur untuk Melaporkan Kemacetan

Adapun kota Bengaluru (India), Dublin (Irlandia), Sapporo (Jepang), dan Milan (Italia) berada di bawah kota London untuk melengkapi lima besar kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index 2022.

Keempat kota ini secara berurutan berada di posisi kedua-kelima, dan masing-masing memiliki jarak tempuh sekitar 29 menit, 28 menit, 27 menit, dan 27 menit per jarak 10 km. 

Sekadar informasi, TomTom Traffic Index 2022 menentukan tingkat kemacetan sebuah kota di dunia dengan variabel jarak dan durasi tempuh, biaya perjalanan alias bensin, dan emisi karbondioksida (CO2) yang dihasilkan.

Adapun kota yang dimasukkan ke dalam data tingkat kemacetan versi TomTom ini berjumlah 389 kota dari 56 negara dan 6 benua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TomTom
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com