Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret ala Profesional Menggunakan "Expert RAW" di Samsung Galaxy S23 Series

Kompas.com - 15/03/2023, 10:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Samsung merilis smartphone S-series teranyarnya, Galaxy S23 series pada Februari lalu.

Ketiga ponsel yang dirilis mencakup Galaxy S23 “reguler”, S23 Plus, dan S23 Ultra. Perangkat tersebut pun hadir dengan sejumlah pembaruan, salah satunya di sektor fotografi.

Samsung Galaxy S23 Ultra, misal, varian tertinggi dari Galaxy S23 series ini datang sebagai smartphone pertama dengan kamera 200 MP. Kamera 200 MP ini menjadi unggulan di ponsel tersebut dan diklaim punya banyak kebolehan.

Untuk membuktikan kemampuan kamera tersebut, Samsung mengajak para awak media, termasuk KompasTekno, untuk menguji coba kamera Galaxy S23 series di Banyuwangi.

Baca juga: Taman Nasional Baluran dan Gunung Ijen dalam Bidikan Samsung Galaxy S23 Ultra

Uji coba yang dilakukan adalah memotret pemandangan alam yang ada di Kota Banyuwangi, yakni Taman Nasional Baluran dan Gunung Ijen selama dua hari pada 13-14 Maret 2023.

Untuk memaksimalkan hasil gambar yang dibidik, KompasTekno memanfaatkan fitur “Expert RAW”.

Expert RAW merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur kamera smartphone layaknya kamera profesional.

Sebab, fitur tersebut menawarkan pengaturan shutter speed, ISO, titik fokus, dan white balance (warna/temperatur gambar yang diambil).

Pengaturan yang ditawarkan ini sama seperti konsep fotografi dasar yang bernama exposure triangle (segitiga exposure).

Sebagai gambaran, ketika memotret gambar statis, pengguna bisa mengatur shutter speed kamera. Atau jika ingin foto langit di saat siang hari, pengguna bisa mengatur ISO dan shutter speed secara bersamaan.

Kondisi langit saat mendaki Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, pukul 5 pagi menggunakann fitur Expert RAW di Galaxy S23 series, Selasa (14/3/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Kondisi langit saat mendaki Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, pukul 5 pagi menggunakann fitur Expert RAW di Galaxy S23 series, Selasa (14/3/2023)
Nah, fitur Expert RAW digunakan KompasTekno untuk memotret pemandangan gunung, pepohonan, jalanan pegunungan, awan, hingga candid seseorang.

Foto yang dibidik dapat dikatakan lebih maksimal karena pencahayaan dan warna gambar yang dihasilkan bisa menyesuaikan kebutuhan dan selera pengguna.

Tidak hanya itu, hasil foto yang diambil memiliki saturasi warna yang lebih tinggi, alias lebih berwarna, lebih kontras, dan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Apabila pengguna memotret gambar dengan menggunakan Expert RAW, umumnya, file foto tersebut memakan lebih banyak storage ketimbang versi default.

Fitur ini cocok digunakan oleh pengguna yang gemar fotografi. Dikarenakan pengaturan yang ditawarkan serupa dengan kamera profesional. Pengguna juga dapat menciptakan gambar yang sesuai dengan seleranya sendiri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com