Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Pemenang Oscar “Everything Everywhere All At Once” Ternyata Diedit Pakai iMac Lawas

Kompas.com - Diperbarui 17/03/2023, 08:58 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film “Everything Everywhere All At One” mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Film bergenre science-fiction yang disutradarai oleh Daniel Kwan dan Daniel Scheinert tersebut telah memboyong setidaknya tujuh penghargaan di ajang Oscar 2023.

Film ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Evelyn, yang mengetahui bahwa dirinya punya kemampuan berpindah dimensi di alam semesta secara paralel. Kekuatan tersebut ia manfaatkan untuk menyelamatkan dunia.

Walau sinopsis film itu terdengar cukup umum, mirip film “Doctor Strange in the Multiverse of Madness", Kwan dan Scheinert mampu mengemas Everything Everywhere All At Once dengan alur yang sangat apik. Penonton juga diajak melihat kebolehan visual yang ditampilkan selama film berlangsung.

Baca juga: Pertama Kali, Film Berteknologi VR Raih Piala Oscar

Menariknya, proses pembuatan film ini tidak melibatkan banyak tim video editor di studio VFX (visual effects) yang besar, tetapi terdiri dari lima sampai tujuh editor saja. Tim yang bertanggung jawab mengedit film pun menggunakan iMac lawas versi 2017 dan aplikasi Adobe Premiere Pro.

Sejumlah pihak mungkin banyak yang mempertanyakan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Sebab, fakta itu terdengar tampak mustahil. Spesifikasi dari iMac 2017 agaknya tidak “sengebut” itu untuk memproses animasi atau elemen visual yang berat.

Terlepas dari hal itu, pernyataan di atas dianggap sebagai salah satu terobosan di dunia perfilman. Dikarenakan film Everything Everywhere All At Once mampu menghasilkan karya yang menyaingi film-film dengan biaya produksi yang mahal menggunakan alat yang terbatas.

Dihimpun KompasTekno dari The Daily Star, Kamis (16/3/2023), pencapaian ini bisa diraih karena kru film, terutama para tim video editor memiliki dedikasi, kerja keras, dan kemauan tinggi untuk belajar. Salah satu editor independen yang mendapat penghargaan Oscar adalah Paul Rogers sebagai pemenang "Best Film Editing".

Baca juga: Seorang Mahasiswa Bobol Mac, Apple Justru Beri Imbalan Rp 1,4 Miliar

Rogers dan tim video editor-nya dilaporkan telah menghasilkan karya yang menyaingi film-film sukses beberapa tahun belakangan. Selama proses produksi, tim editor disebut menghabiskan berjam-jam untuk brainstorming dan bereksperimen hal-hal baru.

Adapun tim editor juga mendorong diri mereka belajar keterampilan (skill) baru, saling berkolaborasi secara daring (online) di rumah masing-masing. Alhasil, saat film tayang perdana, mereka mampu menampilkan animasi 3D (tiga dimensi) yang begitu kompleks dan komposisi visual yang rumit, semuanya digabung dalam satu film.

Sedikit bocoran mengenai visual dari film tersebut, saat Evelyn pertama kali mengetahui kekuatannya, penonton dapat melihat perubahan transisi antar-dimensi dengan efek visual yang sangat mulus.

Visual yang ditampilkan juga tidak dilebih-lebihkan dan sewajarnya saja. Selain itu, ketika Evelyn akhirnya bertemu musuh utama di film tersebut, ada berbagai macam animasi 3D menarik, transisi cut-to-cut yang begitu presisi, hingga membuat perbedaan warna scene film di tiap dimensi yang menyesuaikan suasana.

Seperti yang disebut di atas, film ini telah meraih tujuh penghargaan bergengsi. Ketujuh penghargaan tersebut terdiri dari Best Pictures, Best Actress, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best Film Editing.

Produksi film Everything Everywhere All At Once setidaknya dapat dijadikan bukti bahwa penggunaan alat yang terbatas dan jumlah tim yang sedikit bukanlah hambatan untuk membuat karya hebat.

Selama ada kerja keras, kreativitas, dan semangat untuk belajar, di situ selalu ada jalannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com