Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti FOMO, Bahasa Gaul yang Lagi Viral Belakangan Ini di Twitter

Kompas.com - 16/03/2023, 15:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Beberapa hari terakhir, istilah FOMO tengah viral digunakan di Twitter. Penggunaan istilah FOMO belakangan ini ramai digunakan oleh para pengguna yang gemar dengan grup musik asal Korea Selatan alias fan Kpop.

Di Twitter, fan Kpop atau Kpoper menggunakan istilah FOMO untuk melabeli orang-orang umum (non-Kpoper) yang datang ke konser grup musik tetapi tidak memahami bagaimana etika menonton konser menurut mereka.

Baca juga: Arti Kata OVT, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Berbagai Medsos

Penggunaan istilah FOMO untuk melabeli orang-orang seperti itu bisa dilihat dari salah satu twit dari akun dengan handle @pancakeseung, sebagaimana tertera di bawah ini.

Akun tersebut memakai FOMO untuk melabeli orang yang datang ke konser musik Kpop, tetapi melakukan tindakan yang dianggap mengganggu seperti naik ke kursi penonton.

Selain untuk melabeli orang-orang non-fan yang dianggap mengganggu, istilah FOMO juga sempat beberapa hari terakhir ini digunakan untuk menuding seorang selebgram Rachel Venya karena dia datang ke konser Blackpink di Jakarta, Minggu (12/3/2023).

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat keramaian penggunaan istilah FOMO di Twitter belakangan ini. Melihat keramaian penggunaan istilah ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan FOMO?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai arti FOMO yang viral belakangan ini.

Arti FOMO yang viral belakangan ini di Twitter

FOMO adalah salah satu bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Namun, dalam bahasa Inggris, FOMO bukan merupakan kata tunggal. FOMO merupakan akronim atau singkatan dari “Fear of Missing Out”.

Secara harfiah, arti FOMO yang merupakan singkatan dari “Fear of Missing Out” adalah ketakutan atas kehilangan atau ketinggalan dalam sesuatu hal.

Sementara itu, dikutip dari USA Today, secara pengertian spesifik, FOMO artinya adalah perasaan ketakutan atau kecemasan khusus yang muncul ketika seseorang menganggap dirinya bakal kehilangan beberapa interaksi sosial yang penting.

Saat FOMO atau kecemasan akibat anggapan kehilangan interaksi sosial itu muncul, seseorang bakal terdorong untuk memantau interaksi sosial yang sedang terjadi secara terus menerus. Atau, bisa juga berupaya agar terlibat dalam interaksi sosial itu.

Bila dikembalikan pada konteks penggunaan di Twitter, isitlah FOMO yang marak dipakai fans Kpop merujuk pada perilaku orang-orang yang cemas apabila kehilangan interaksi sosial. Adapun interaksi sosial yang dimaksud adalah keramaian konser musik.

Baca juga: Apa Itu Virtex yang Kerap Dikaitkan dengan Video Viral Bikin HP Lag Belakangan?

Orang-orang yang diberi label FOMO tersebut dianggap kurang memiliki kecintaan terhadap grup musik karena mereka datang ke konser dinilai hanya agar tak kehilangan atau ketinggalan interaksi sosial.

Demikianlah penjelasan seputar arti FOMO yang viral dipakai di Twitter belakangan ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com