Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Firmware, Jenis-jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 17/03/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sebuah komponen komputer khususnya pada perangkat keras (hardware) umumnya akan tertanam sebuah firmware. Komponen tersebut yang berfungsi untuk mengontrol fungsi dasar perangkat keras. 

Firmware umumnya dikembangkan oleh produsen hardware dan dirilis bersama perangkat keras tersebut. Lantas apa yang dimaksud dengan firmware? Selengkapnya berikut ini pengertian, fungsi, dan contoh-contoh dari firmware.

Pengertian firmware

Dilansir dari Tech Target, firmware merupakan salah satu bentuk pemrograman yang ditulis ke memori non-volatile perangkat keras. Firmware adalah bentuk perangkat lunak yang tertanam di hardware, seperti komputer, smartphone, printer, dan lainnya yang berfungsi untuk memberikan instruksi mengontrol fungsi dasar perangkat keras dalam beroperasi.

Firmware bisa dikatakan juga sebagai program kecil atau kode yang terintegrasi secara langsung dalam chip atau memori perangkat keras. Hal ini yang memungkinkan hardware dapat berfungsi dengan benar dalam mengambil perintah dari pengguna.

Tak hanya smartphone dan komputer, saat ini firmware tersemat di segala hal hingga Internet of Things (IoT).

Baca juga: Pengertian Shareware Software, Jenis-jenis dan Contohnya

Fungsi-fungsi firmware

Firmware memiliki fungsi utama dalam mengontrol perangkat, dan dapat diperbarui untuk meningkatkan performa dan memperbaiki masalah. Selain itu terdapat beberapa fungsi detail lainnya meliputi:

  • Firmware berfungsi untuk mengontrol fungsi-fungsi dasar perangkat keras, seperti memori, prosesor, input/output, dan lain-lain
  • Firmware menyediakan antarmuka yang berfungsi untuk berinteraksi dengan perangkat keras dan menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan
  • Memastikan keamanan perangkat dengan mem-boot dan memelihara data rahasia
  • Memperbarui perangkat keras termasuk melakukan upgrade perangkat, memperbaiki , dan lainnya

Jenis-jenis firmware

Terdapat banyak jenis firmware, namun berikut ini beberapa kategori firmware berdasarkan tingkat integrasi perangkat keras.

Low-level firmware

Jenis firmware ini terletak paling bawah dalam struktur perangkat dan memiliki fungsi untuk mengontrol dan mengelola hardware yang mendasar. Firmware jenis ini biasanya sering ditemui di sistem, seperti BIOS, firmware mikrokontroler, bootloader dan lainnya.

High-level firmware

High-level firmware umumnya lebih kompleks daripada firmware tingkat rendah. Program ini berjalan di atas firmware dasar pada perangkat elektronik tertentu, seperti ponsel atau perangkat IoT. Selain itu jenis firmware ini menyediakan antarmuka yang lebih mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna akhir.

Subsystem firmware

Firmware subsistem sering kali hadir sebagai bagian dari sistem tertanam. Ini sebanding dengan firmware tingkat tinggi karena dapat diperbarui dan lebih kompleks daripada firmware tingkat rendah.

Subsistem firmware dapat digunakan untuk mengontrol perangkat keras seperti pengaturan BIOS, keyboard, dan mouse.

Contoh firmware pada perangkat

Terdapat beberapa contoh firmware yang biasa ditemui pada perangkat elektronik.

System BIOS

Merupakan firmware yang paling umum dikenal dan terinstal di komputer. BIOS sendiri digunakan pada komputer selama booting. Fungsi dari sistem ini adalah mengonfirmasi bahwa semua perangkat keras berfungsi sebelum meneruskan proses ke sistem operasi.

Firmware hard disk

Firmware hard disk berguna untuk mengontrol dan mengatur bagaimana hard disk digunakan, seperti mengatur bagaimana data disimpan dan diakses pada perangkat tersebut.

Firmware smartphone

Firmware ini membantu ponsel selama booting dan menghubungkan berbagai komponen perangkat keras untuk mengontrol fungsi dan operasi dasar pada perangkat, seperti mengatur booting dan shutdown, menangani input dan output data, mengatur daya baterai, dan lain sebagainya.

Baca juga: Seberapa Menjanjikan Peluang Karier sebagai Software Developer di Era Digital?

Demikian pengertian firmware, jenis-jenis, serta contohnya. Semoga bermanfaat. 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com