Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tampilkan Spotify di Layar "Always On" Oppo Reno8 T 5G

Kompas.com - 19/03/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno8 T 5G merupakan ponsel premium terbaru Oppo di Indonesia yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 dan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 13. 

Secara desain, ponsel ini dibekali dengan layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Nah, karena sudah pakai AMOLED, maka Reno8 T 5G tentunya sudah mendukung Always On Display (AOD), sebuah fitur yang bisa menampilkan status ponsel, seperti informasi waktu hingga baterai, ketika dalam mode standby.

Baca juga: Beli Oppo Reno8 T 5G Bisa Nonton Final Liga Champions di Turki

Namun tidak sekadar itu saja, berkat dukungan ColorOS 13, layar Always On Display Reno8 T 5G juga bisa menampilkan status main (playback) musik dari aplikasi Spotify

Artinya, pengguna bisa memutar atau menjeda lagu, hingga memainkan lagu sebelumnya atau selanjutnya di Spotify, langsung melalui layar Always On Display tanpa harus membuka kunci perangkat.

Cara menampilkan status main Spotify di layar Always On Display ini sendiri mengandalkan sebuah fitur yang bernama Contextual Info. Cara menggunakan fitur ini terbilang cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

Cara mengaktifkan fitur Contextual Info di Reno8 T 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Contextual Info di Reno8 T 5G.
 

  • Pertama-tama, buka menu pengaturan (Settings) ponsel.
  • Lalu, klik menu "Wallpapers & style".
  • Kemudian, klik menu "Always On Display".
  • Pada tampilan selanjutnya, pilih menu "Contextual Info". Pastikan di tampilan ini fitur "Always On Display" sudah diaktifkan. 
  • Berikutnya, aktifkan fitur "Music playback" dengan mengubah "tuas" atau toggle yang tersedia menjadi warna biru.

Cara mengaktifkan fitur Contextual Info di Reno8 T 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Contextual Info di Reno8 T 5G.

  • Jika belum masuk (login) ke akun Spotify, maka pengguna akan dialihkan ke aplikasi Spotify dengan menekan tombol "Open Spotify". 
  • Pada laman berikutnya, masuk dengan akun Spotify yang sudah terdaftar. 
  • Selesai, pengguna kini sudah bisa melihat status main atau playback lagu Spotify secara langsung di layar Always On Display Reno8 T 5G.

Perlu dicatat, selain Spotify, fitur Contextual Info juga bisa menampilkan status pengiriman makanan atau status pemesanan kendaraan di beberapa aplikasi ride-hailing

Baca juga: Kenali 4 Fitur Oppo Reno8 T 5G sebelum Beli

Namun pantauan KompasTekno, Minggu (19/3/2023), saat ini Contextual Info di Reno8 T 5G, terutama di Indonesia, hanya bisa mendukung aplikasi Spotify saja. 

Ada kemungkinan di masa depan fitur Contextual Info bisa menampilkan dan mendukung lebih banyak aplikasi di luar Spotify. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com