Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Pompompurin, Bos BreachForums yang Baru Ditangkap FBI

Kompas.com - 20/03/2023, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Seseorang yang diduga kuat merupakan pemilik BreachForums ditangkap FBI (Biro Investigasi Federal Amerika Serikat) di kediamannya, kota New York, Amerika Serikat (AS), pada Rabu minggu lalu (15/3/2023).

Untuk diketahui, BreachForums merupakan situs yang digunakan oleh para hacker, termasuk Bjorka, untuk menyebarkan dan menjual data pribadi. Bos dari situs jual-beli data pribadi tersebut diketahui bernama Conor Brian FitzPatrick.

Baca juga: Bandelnya Situs Judi Online yang Susupi Website Pemerintah dan Universitas hingga Bikin Kominfo Kerepotan

Nama bos BreachForums tersebut muncul dalam dokumen pelaporan tindak pidana di pengadilan Distrik Selatan New York. Dalam dokumen itu, John Longmire selaku pihak FBI dan pelapor mengatakan, Conor dikenal dengan nama samaran "Pompompurin".

Longmire yang bersumpah pada dokumen pelaporan tindak pidana tersebut juga mengeklaim apabila Conor atau yang dikenal sebagai Pompompurin merupakan pemilik sekaligus administrator dari situs BreachForums.

"Ketika kami menangkap hacker ini, ia mengaku kepada kami bahwa namanya adalah Conor Brian FitzPatrick, lalu dia menggunakan nama samaran di internet 'pompompurin', dan dia mengaku sebagai pemilik dari BreachForums," kata John Longmire, dikutip dari dokumen pelaporan di pengadilan yang dibagikan The Verge, Senin (20/3/2023).

Pompompurin dilaporkan oleh pihak FBI ke pengadilan atas dugaan melakukan tindakan fraud pada perangkat. Sebelum ditangkap dan dilaporkan ke pengadilan, bos BreachForums tersebut telah melakukan serangkaian aksi peretasan dan menyediakan wadah bagi peretas lain.

Rekam jejak Pompompurin sebelum ditangkap FBI

Conor alias Pompompurin telah dikenal sebagai seorang hacker kenamaan yang aktif melakukan peretasan pada perusahaan secara ilegal dan membagikan atau membocorkan data yang dicuri ke forum-forum online.

Pompompurin juga dikenal sebagai anggota aktif dalam situs RaidForums, forum jual-beli data pribadi yang mirip dengan BreachForums. RaidForums telah “dimatikan” oleh penegak hukum di AS sejak Januari tahun lalu.

Setelah RaidForums ditutup, Pompompurin lantas membuat sendiri situs jual-beli data pribadi BreachForums yang saat ini beralamatkan di “breached.vc”. Sejak dibuat, BreachForums jadi terkenal sebagai tempat hacker membagikan berbagai data curian.

Sebagai contoh, BreachForums digunakan oleh Bjorka yang membagikan data-data pribadi masyarakat Indonesia hasil peretasan di BreachForums, seperti data pribadi yang diduga dari KPU, data pribadi yang diduga dari IndiHome, dan lainnya.

Baca juga: Rentetan Aksi Hacker Bjorka dalam Kasus Kebocoran Data di Indonesia Sebulan Terakhir

Data yang dibagikan di BreachForums datang dari berbagai wilayah, termasuk AS. Beberapa waktu lalu, BreachForums digunakan untuk menjual data pribadi politisi AS yang diduga dicuri dari D.C. Health Link, platform layanan kesehatan untuk anggota DPR AS.

Selain menyediakan forum jual-beli data pribadi curian, Pompompurin disinyalir telah terlibat dengan berbagai aksi peretasan serta kejahatan siber pada institusi dan perusahaan-perusahaan terkenal.

Pada 2021, Pompompurin terlibat dengan aktivitas mengirim ribuan peringatan palsu tentang keamanan siber dari alamat e-mail milik FBI.

Di tahun yang sama, bos BreachForums tersebut juga pernah terlibat dengan peretasan pada platform trading Robinhood. Aksi ini diketahui menyebabkan jutaan data pribadi pengguna platform tersebut bocor.

Pada November 2022, Pompompurin disinyalir masih berkaitan pula dengan peristiwa kebocoran jutaan username (handle) dan alamat email para pengguna Twitter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com