Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Modus Penipuan Surat Tilang Format APK Marak di WhatsApp | Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54 Sudah Bisa Dibeli, Ada Bonus

Kompas.com - 21/03/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, modus penipuan surat tilang dengan format file APK marak dikirim via WhatsApp. Fenomena ini menjadi salah satu berita teknologi populer di KompasTekno.

Selain soal modus penipuan surat tilang palsu, ada pula kabar soal pemilik BreachForums yang ditangkap FBI.

BreachForums merupakan situs yang digunakan Bjorka dan para hacker lain di dunia untuk menjual-belikan data.

Selain itu, ada pula Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54 yang akhirnya sudah bisa dibeli di Indonesia. Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi populer di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Inggris Raya Larang HP Pemerintah Diinstal TikTok | 18 HP Xiaomi yang Kebagian MIUI 14 Tahap Ketiga

Modus penipuan surat tilang di WhatsApp

Modus penipuan dengan mengirimkan aplikasi dengan format APK via WhatsApp masih marak terjadi. Kali ini giliran modus penipuan surat tilang palsu dengan format file APK.

Beberapa masyarakat yang mengaku pernah mendapatkan pesan tersebut, membagikannya di media sosial Twitter.

Dalam salah satu twit yang dikirimkan, bersamaan dengan tangkapan layar isi pesan, diketahui pelaku atau penipu mengirim pesan dengan berkedok sebagai pihak kepolisian.

Dengan kedok tersebut, penipu memberi informasi palsu apabila pengguna telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Kemudian, penipu meminta pengguna untuk melihat dokumen surat tilang (bukti pelanggaran) palsu yang dilampirkan di bawah informasi tersebut.

Penipu juga berpesan agar pengguna mendatangi kantor polisi terdekat jika telah selesai membuka dokumen surat tilang palsu yang dilampirkan tadi. Semua pesan yang disampaikan pelaku itu pada dasarnya adalah informasi penipuan belaka.

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Hati-hati, Modus Penipuan Surat Tilang dengan Format APK Marak di WhatsApp".

Belum ada PHK massal di Apple, apa rahasianya?

Sejak tahun lalu, beberapa perusahaan teknologi banyak yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan besar-besaran. Sebut saja, Meta, Amazon, Twitter, dan sebagainya.

Namun, tidak untuk Apple. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS itu hingga saat ini belum terdengar melakukan PHK massal.

Lantas, apa rahasia Apple? Jawabannya ada di artikel "Tak Ada PHK Massal di Apple, Ini Rahasianya".

11 HP Xiaomi dengan NFC, harga mulai Rp 2 jutaan

Xiaomi memiliki beragam seri dan model handphone (HP). Namun, tak semuanya didukung dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan HP dengan kartu pembayaran elektronik.

Lantas, HP Xiaomi apa saja yang menggunakan fitur NFC? HP Xiaomi yang ada NFC terdiri dari berbagai model. Dari berbagai model itu, untuk harga HP Xiaomi dengan NFC, termurah saat ini dipatok mulai Rp 2 jutaan hingga termahal Rp 13 jutaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com