Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti "Cringe", Bahasa Gaul yang Lagi Ramai di Media Sosial

Kompas.com - Diperbarui 22/01/2024, 09:43 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Beragam bahasa gaul dan slang biasanya muncul pada interaksi antarpengguna. Salah satunya “Cringe” yang tak jarang hadir sebagai bahasa percakapan sehari-hari di media sosial. Mulai dari penggunaan di Twitter, TikTok, hingga aplikasi layanan pesan instan WhatsApp kata ini sering hadir di tengah-tengah konteks percakapan tertentu.

Kata “Cringe” umumnya digunakan sebagai ekspresi untuk menegaskan pernyataan yang menunjukkan hal kurang menyenangkan. Kata ini juga berfungsi sebagai reaksi pengguna ketika melihat tindakan atau perilaku seseoang yang dianggap memalukan.

Lantas apa arti dari kata “Cringe” dalam bahasa gaul? Selengkapnya berikut ini penjelasan serta contoh penggunaannya.

Baca juga: Arti FOMO, Bahasa Gaul yang Lagi Viral Belakangan Ini di Twitter

Arti Cringe dalam bahasa gaul di media sosial

Dilansir dari Britannica Dictionary, “Cringe” memiliki beberapa arti, seperti menjijikkan, mengerikan, atau merinding. Dalam kosa kata bahasa Inggris, "Cringe" juga memiliki makna jijik atau mengerikan.

Kata ini seringkali digunakan untuk mengungkapkan rasa jijik atau malu dan biasanya disertai dengan gerakan wajah yang mengekspresikan seseorang yang malu. Beberapa contoh penggunaan kalimat dengan kata "Cringe" dapat dilihat pada berikut ini:

  • “Aku selalu merinding saat mendengar lagu itu”
  • “Memikirkan makan brokoli saja membuatku ngeri”

Sedangkan dilansir Bustle, kata “Cringe” bebas diartikan dengan konteks apa pun. Salah satunya menunjukkan sesuatu yang memalukan. Cringe merupakan perasaan malu untuk sesuatu yang diposting, dilakukan, atau dikatakan orang lain.

Secara ringkas berarti kata ini sering digunakan di media sosial untuk mempertegas kalimat yang mengungkapkan suasana canggung atau memalukan. Berikut ini beberapa contoh penggunaan “Cringe” dalam media sosial Twitter bisa Anda lihat di bawah ini.

Baca juga: Arti Istilah BIPOC yang Tengah Viral di Media Sosial

Itulah arti “Cringe” yang sering digunakan dalam media sosial. Meskipun mayoritas mengartikan ‘“Cringe” sebagai ungkapan ekspresi memalukan atau menjijikan, hal ini juga tergantung pada konteks pembicara antarpengguna kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com