Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Baru Samsung Galaxy A54 yang Absen di Galaxy A53

Kompas.com - 21/03/2023, 12:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy A54 resmi dijual di Indonesia. Ponsel ini menjadi suksesor dari Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Sebagi penerus, Galaxy A54 membawa setidaknya 6 fitur baru yang tidak ada di Galaxy A53. Apa saja?

1. Desain bodi mirip Galaxy S23

Samsung merombok desain belakang Galaxy A54 menjadi mirip ponsel flagship Galaxy S23.

Seperti Galaxy S23, Samsung Galaxy A54 kini juga tidak memiliki modul kamera belakang. Samsung memilih menanamkan tiga kamera belakang langsung dalam punggung ponsel.

Ketiga kamera tersebut terlihat seperti "boba" yang disusun secara vertikal. Sisi-sisi bodinya kini juga lebih datar dengan ujung-ujung yang melengkung.

Baca juga: Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Bonusnya

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Taufiq Furqan, mengatakan desain Galaxy A54 yang mirip Galaxy S23 ini menjadi jawaban Samsung untuk aspirasi konsumen yang ingin memiliki ponsel kelas menengah dengan desain premium.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan juga mengungkapkan bahwa desain tersebut kini menjadi "identity design" (desain khas) ponsel Galaxy untuk tahun 2023.

2. Bodi depan-belakang dilapisi kaca Gorilla Glass 5

Tampilan layar berdesain infinty-O dan punggung Samsung Galaxy A54 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan layar berdesain infinty-O dan punggung Samsung Galaxy A54 5G.
Tak hanya soal desain kamera, Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan material kaca Gorilla Glass 5 pada punggung Samsung A54. Dengan begitu, tampilan punggung ponsel ini akan glossy. Material kaca itu disebut bakal memberikan kesan premium.

Layar depan Samsung Galaxy A54 juga dilapisi kaca Gorilla Glass 5. Secara umum, Gorilla Glass 5 didesain untuk memberikan perlindungan untuk skenario jatuh yang umum.

Berdasarkan pengujian, kaca pelindung layar utama tersebut mampu bertahan (tidak retak) sekitar 80 persen saat dijatuhkan dalam posisi layar ke bawah dari ketinggian 1,6 meter. Pengujian dilakukan di permukaan keras.

Baca juga: Menjajal Galaxy A54 5G, HP Menengah Samsung Mirip Galaxy S23

3. Layar lebih cerah 25 persen

Samsung Galaxy A54 membawa peningkatan di sektor layar. Kini, layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 1.000 nits.

Angka tersebut 25 persen lebih terang dari layar Galaxy A53. Tahun lalu, tingkat kecerahan layar Galaxy A53 mentok di angka 800 nits.

Dengan peningkatan ini, pengguna bakal lebih nyaman ketika menggunakan ponsel di bawah sinar matahari langsung.

4. Kamera 50 MP dengan OIS versi upgrade

Desain punggung Galaxy A54 5G. Kini, ponsel ini memiliki bodi belakang yang sangat mirip dengan smartphone flagship Galaxy S23. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Desain punggung Galaxy A54 5G. Kini, ponsel ini memiliki bodi belakang yang sangat mirip dengan smartphone flagship Galaxy S23.
Galaxy A54 5G mengunggulkan Kamera 50 MP (f/1.8). Kamera tersebut disebut-disebut lebih canggih dibandingkan kamera utama 64 MP pada Galaxy A53 tahun lalu.

Pasalnya, kamera 50 MP Galaxy A54 5G kini dilengkapi sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com