Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X6 dan Find X6 Pro Meluncur dengan Kamera Hasselblad 50 MP

Kompas.com - 21/03/2023, 16:29 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, yakni Oppo Find X6 series di pasar China pada Selasa (21/3/2023). Ponsel ini hadir dengan dua model, yakni Oppo Find X6 “reguler” dan Oppo Find X6 Pro.

Dari model yang diperkenalkan, Oppo Find X6 Pro diposisikan sebagai model teratas karena dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni.

Salah satu peningkatan yang dimiliki terletak pada aspek fotografi dengan sistem kamera yang didukung sensor kamera besar buatan Sony dan lensa dari Hasselblad.

Oppo Find X6 Pro datang dengan tiga kamera yang dibenamkan ke dalam modul berbentuk lingkaran yang cukup besar di belakang. Modul kamera belakang ini berbeda dari Oppo Find X5 yang memiliki bentuk asimetris.

Oppo mengeklaim tidak ada kamera utama di Find X6 Pro. Meski demikian, kamera ini terdiri atas kamera dengan sensor Sony IMX989 1 inci, sensor yang juga dipakai Xiaomi 13 Pro dan Vivo V90 Pro. Kamera ini memiliki bukaan (f) 1.8 dengan focal length 23 mm.

Baca juga: Oppo Pad 2 Meluncur dengan Dimensity 9000, Ini Harganya

Kemudian ada kamera ultrawide sensor Sony IMX890 1/1,56 inci, focal length 15 mm, dan aperture 2.2, serta kamera periskop yang mempunyai focal length 65 mm, aperture 2.6, dan mengandalkan sensor Sony IMX890.

Adanya kolaborasi dengan Hasselblad memungkinkan Oppo Find X6 Pro menawarkan sejumlah fitur, seperti Hasselblad Natural Colour, Hasselblad Pro Mode, mode XPAN, panorama, Hasselblad Watermark, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, mode Hasselblad Portrait Mode memungkinkan pengguna menghasilkan gambar dengan dengan sudut pandang yang lebih luas (ultrawide) ataupun foto closeup (telefoto).

Untuk memaksimalkan hasil foto, Oppo juga menyematkan chipset NPU MariSilicon X buatan sendiri dengan arsitektur 6 nanometer.

MariSilicon X mampu mendorong kinerja kamera agar dapat menghasilkan pencitraan terbaik. Chip tersebut memungkinkan perangkat memiliki akurasi, fokus yang lebih cepat, hingga stabilisasi gambar 42 persen untuk kamera periskop.

Baca juga: Beda Spesifikasi Vivo X80 Pro dan Oppo Find X5 Pro dengan Selisih Harga Rp 1 Juta

Selain unggul dalam menangkap foto, Oppo Find X6 Pro juga memungkinkan pengguna menghasilkan video beresolusi 4K dengan zoom optik 3x dan 6x, serta mendukung Dolby Vision 4K dengan HDR penuh.

Kamera depan (selfie) Oppo Find X6 Pro kali ini juga ditingkatkan karena menggunakan sensor Sony IMX7009 yang beresolusi 32 MP. Untuk lebih jelasnya, simak spesifikasi Oppo Find X6 series berikut ini.

Spesifikasi Oppo Find X6 Pro

Oppo Find X6 Pro varian GreenOppo Oppo Find X6 Pro varian Green

Oppo Find X6 Pro mengusung layar AMOLED seluas 6,82 inci dan menawarkan resolusi 3.168x1.440 piksel, refresh rate 120 Hz, touch samping rate 240 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal 2.500 nits.

Perangkat ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan RAM/penyimpanan 12/256 GB dan 16/512 GB. Jenis RAM yang dipakai adalah LPDDR5X sementara storage-nya jenis UFS 4.0.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com