Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valve Umumkan Counter-Strike 2, Tampilan Game Lebih Realistis

Kompas.com - 23/03/2023, 16:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Perusahaan pengembang game Valve mengumumkan game FPS terbarunya, Counter-Strike 2 (CS:2). Kehadiran game ini diumumkan melalui akun Twitter resmi Counter Strike pada Kamis (23/3/2023).

Game ini akan menjadi penerus Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO). Counter-Strike 2 akan digelontorkan sebagai pembaruan dari CS:GO. Artinya, pemain tidak perlu mengunduh game secara terpisah.

Counter-Strike 2 juga mulai digelontorkan secara terbatas kepada pemain terpilih mulai hari ini dalam tahap closed beta. Counter-Strike 2 versi akhir ditargetkan akan meluncur secara merata kepada semua pemain secara gratis pada musim panas 2023 atau sekitar Jun hingga September.

Menurut akun resmi Counter-Strike di Twitter, penerus dari CS:GO ini akan merombak setiap aspek dalam game tersebut.

"Counter-Strike 2 menawarkan perombakan untuk setiap sistem (dalam game), semua konten, dan setiap bagian dari pengalaman C-S (Counter-Strike)," tulis akun dengan handle @CounterStrike.

Meski belum mengumumkan semua fitur yang hadir di Counter-Strike 2, Valve sudah memamerkan sejumlah fitur dalam game tersebut.

Baca juga: Steam Spring Sale 2023 Digelar, Tebar Diskon Game hingga 90 Persen

Terdapat peningkatan kualitas grafik, perubahan gameplay, server yang membuat permainan makin mulus, perombakan tampilan antarmuka (UI), dan masih banyak lagi.

Hal ini dimungkinkan karena Counter-Strike 2 menggunakan game engine Source 2, berbeda dengan CS:GO yang digarap dengan mesin game Source generasi pertama.

Counter-Strike 2 akan memiliki kualitas visual yang lebih tinggi, khususnya untuk pencahayaan dan detail setiap objek di game.

Nah, peningkatan visual ini berdampak pula pada peta yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni Touchstone Maps, Upgrade Maps, dan Overhaul Maps.

ilustrasi Counter-Strike 2Valve ilustrasi Counter-Strike 2
Pada dasarnya, Touchstone Maps merupakan peta Counter-Strike ikonik yang tidak banyak mendapatkan perubahan kecuali peningkatan pencahayaan, contohnya peta Dust II.

Berikutnya, ada Upgrade Maps yang memanfaatkan mesin Source 2 untuk menghadirkan objek, pencahayaan, dan refleksi cahaya yang lebih realistis, misalnya peta Nuke.

Kemudian, ada Overhaul Maps, yakni peta yang dibuat ulang dengan menggunakan Source 2, seperti peta Overpass.

Peningkatan grafik ini juga membuat skin karakter dan senjata pemain terlihat lebih mendetail, baik skin bawaan dari CS:GO maupun yang akan hadir di Counter-Strike 2.

Visual permainan lainnya seperti efek air, ledakan, api, dan darah menjadi lebih realistis, sedangkan tampilan antarmukanya dikemas dengan visual yang lebih minimalis.

Halaman:
Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com