Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] 27 Juta Warga India Tak Bisa Internetan gara-gara Satu Buronan | Fitur Baru WhatsApp

Kompas.com - 24/03/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pihak berwenang India dilaporkan telah memutus akses internet seluler dan pesan teks di Punjab, India. Gara-garanya, mereka sedang berusaha menangkap seorang separatis. Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi populer di KompasTekno.

Selain itu, ada pula kabar lain soal situs BreachForums yang selama ini dijadikan Bjorka dan para hacker lainnya untuk jual-beli data.

Penutupan ini dilakukan tak lama setelah pendirinya ditangkap Biro Investigasi Federal (FBI) AS. Ada pula berita populer lain soal fitur baru WhatsApp di Indonesia.

Apa itu? Selengkapnya berikut berita teknologi populer di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] 4 Fitur Unggulan Samsung Galaxy A34 5G | Oppo Find X6 Series Meluncur | ZippyShare Tutup

Gara-gara seorang buronan, warga India tak bisa internetan

Pihak berwenang India dilaporkan telah memutus akses internet seluler dan pesan teks di Punjab, India. Musababnya, pihak berwenang tengah berusaha menangkap seorang separatis Sikh dan bersiap menghadapi potensi kerusuhan.

Akibat hal tersebut, sekitar 27 juta orang warga Punjab kehilangan akses internet selama dua hari, mulai Sabtu (18/3/2023) hingga Minggu (19/3/2023).

Menurut laporan The Washington Post, ini menjadi salah satu pemblokiran internet paling luas yang pernah terjadi di India dalam beberapa tahun terakhir.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "27 Juta Warga India Tak Bisa Akses Internet Gara-gara Satu Buronan".

Situs jual-beli data ilegal, BreachForums ditutup

Beberapa hari lalu, pendiri BreachForums, situs jual-beli data ilegal, ditangkap oleh FBI di kediamannya. Tak butuh waktu lama, situs ini akhirnya ditutup.

Pantauan KompasTekno, Kamis (23/3/2023), saat mengakses URL breached.vs, pengguna hanya akan melihat keterangan "502 - Bad Gateway". That's an error. Pengguna tak bisa lagi mengakses situs web yang didominasi dengan warna hitam itu.

Padahal, admin "pengganti" sebelumnya sesumbar bahwa situs ini tetap akan beroperasi. Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Forum Hacker BreachForums Ditutup Setelah Pendirinya Ditangkap".

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy F14

Samsung diketahui tengah menyiapkan ponsel kelas menengah terbarunya, yakni Galaxy F14. Ponsel ini akan meluncur pada 24 Maret 2023.

Meski belum diluncurkan, sebagian dari spesifikasi smartphone kelas menengah itu juga sudah dikonfirmasi oleh Samsung. Samsung Galaxy F14 sebenarnya memiliki spesifikasi yang mirip dengan Galaxy A14 5G.

Hanya saja, ponsel Galaxy F14 ini hanya memiliki dua kamera di punggungnya, berbeda dengan Galaxy A14 5G yang dibekali tiga kamera. Tidak hanya itu, Galaxy F14 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar ketimbang Galaxy A14 5G.

Bocoran spesifikasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy F14 Meluncur Besok, Intip Spesifikasinya".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com