Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei P60, P60 Pro, dan P60 Art Meluncur dengan "Variable Aperture" serta SMS Satelit

Kompas.com - 24/03/2023, 10:28 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya yaitu Huawei P60 Series, di pasar China, Kamis (23/3/2023) waktu setempat. Ada tiga model ponsel yang diperkenalkan Huawei, yaitu Huawei P60, Huawei P60 Pro, dan Huawei P60 Art.

Ketiga ponsel terbaru Huawei tersebut kompak dibekali dengan serangkaian fitur anyar, termasuk kamera dengan variable aperture (diafragma) yang bisa mengatur lebar bukaan lensa, antara f/1.4 hingga f/4.0.

Dengan variable aperture, kamera utama 48 MP (OIS) di ketiga ponsel ini, bisa menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk berdasarkan kondisi lingkungan. Sehingga, hasil foto diklaim akan tetap bagus di berbagai kondisi pencahayaan.

Selain kamera utama dengan variable aperture, Huawei P60, P60 Pro, dan P60 Art juga sama-sama memiliki dukungan pesan singkat (SMS) via jaringan satelit. Artinya, ketiga ponsel ini masih bisa mengirimkan SMS, meski mereka tidak mendapatkan sinyal seluler. 

Baca juga: Huawei Tuntut Xiaomi, Dituduh Gunakan Paten Ponsel secara Ilegal

Meski demikian, fitur SMS via satelit yang mengandalkan layanan Beidou Satellite Message ini hanya terbatas di wilayah China saja.

Di samping SMS via satelit, ketiga ponsel flagship terbaru Huawei ini juga kompak mengadopsi layar LTPO OLED dengan ukuran 6,67 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz.

Layar ketiga ponsel ini juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Kunlun Glass dan sudah dibekali dengan pemindai sidik jari yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar.

Terlepas dari persamaan di atas, ada sejumlah perbedaan yang membuat Huawei P60, P60 Pro, dan P60 Art bisa dibilang berbeda satu sama lain. Apa saja?

Spesifikasi Huawei P60

Huawei P60 Series.GSMArena Huawei P60 Series.
Huawei P60 dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera "periskop" 12 MP (f/3.4, 125 mm, 5x optical zoom, OIS), dan kamera ultrawide 13 MP (f/2.2).

Ketiga kamera ini dimuat dalam sebuah modul persegi dan disusun secara vertikal, di mana kamera utama 48 MP, yang memiliki lensa cukup besar, diposisikan di tengah modul persegi tersebut.

Di bagian depan ponsel ini, terdapat kamera selfie 13 MP (f/2.4) yang dimuat di lubang punch hole di bagian tengah atas layar.

Untuk aspek performa, Huawei P60 ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 (versi 4G) yang dipadukan dengan media penyimpanan (storage) dengan kapasitas 128 GB/256 GB/512 GB. Tidak disebutkan berapa kapasitas RAM ponsel ini. 

Pada sektor baterai, ponsel ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.815 mAh yang mendukung pengisian cepat via USB-C dengan daya 66 watt.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad SE Kids Edition Resmi di Indonesia, Harga Rp 3,3 Juta

Spesifikasi Huawei P60 Pro

Huawei P60 Pro memiliki desain kamera dan chipset yang sama dengan Huawei P60 "reguler".

Hanya saja, konfigurasi kamera ponsel ini sedikit berbeda, di mana resolusi kamera telefotonya ditingkatkan menjadi 48 MP (f/2.1, 90 mm, 3.5 optical zoom, OIS). 

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com