Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Mate X3 Meluncur, Lipatan Sama dengan Bobot Lebih Ringan

Kompas.com - 24/03/2023, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Huawei memperkenalkan ponsel lipat terbarunya, Huawei Mate X3. Ponsel ini merupakan penerus dari Mate X2 yang diperkenalkan pada Februari 2021 lalu.

Huawei Mate X3 yang diperkenalkan di China ini masih mengusung model lipatan yang sama seperti pendahulunya, yakni desain lipatan menghadap ke dalam layaknya menutup buku.

Kendati begitu, Huawei Mate X3 datang dengan bobot yang lebih ringan. Di atas kertas, ponsel baru garapan Huawei ini punya bobot seberat 239 gram, sedangkan Huawei Mate X2 memiliki bobot 295 gram.

Jika dibandingkan dengan perangkat lain, Huawei Mate X3 juga masih lebih ringan 24 gram ketimbang Samsung Galaxy Z Fold 4. Ponsel ini juga merupakan ponsel lipat pertama selain Samsung yang mengantongi sertifikasi IPX8 (tahan terhadap air).

Baca juga: Huawei P60, P60 Pro, dan P60 Art Meluncur dengan Variable Aperture serta SMS Satelit

Tidak hanya itu, Huawei Mate X3 juga dilaporkan datang dengan ukuran layar dan baterai yang lebih besar. Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi ponsel lipat berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (24/3/2023).

Spesifikasi Huawei Mate X3

Sebagai ponsel lipat, Huawei Mate X3 datang dengan dua layar, yakni layar di bagian depan dan layar utama saat kondisi perangkat dibentangkan.

Kedua layar sama-sama berpanel OLED, refresh rate 120 Hz, mendukung PWM dimming hingga 1.440 Hz, color gamut P3, dan memiliki kerapatan piksel 426 PPI.

Layar bagian dalam tentu memiliki ukuran lebih besar, yakni 7,85 inci dengan touch sampling rate 240 Hz dan menawarkan resolusi 2.496x2.224 piksel.

Sedangkan layar bagian depannya berukuran 6,4 inci, touch sampling rate 300 Hz, dan resolusinya 2.504x1.080 piksel.

Layar depan dan belakang kompak kompak dihiasi punch hole yang menampung kamera depan beresolusi 8 MP. Kamera selfie untuk layar bagian depan terletak di tengah atas layar, sedangkan kamera selfie di layar bagian dalam berada di pojok kanan atas.

Masih soal layar, perangkat ini juga sudah mendukung mode split screen. Jadi, pengguna bisa melakukan panggilan video sambil menonton video secara bersamaan.

Ilustrasi Huawei Mate X3 varian warna PutihHuawei Ilustrasi Huawei Mate X3 varian warna Putih

Sementara itu, konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari tiga kamera yang dibenamkan ke modul bebentuk lingkaran. Ketiga kamera tersebut mencakup kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera zoom periskop 12 MP (f/3.4).

Huawei Mate X3 ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Chipset ini yang terbagi menjadi tiga klaster.

Klaster pertama adalah satu inti dari Cortex-X2 dengan clockspeed 3,2 GHz, klaster kedua terdiri dari tiga inti Cortex-A710 (2,75 GHz), dan terakhir terdiri dari empat inti Cortex A-510 (2,0 GHz).

Chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 ini memiliki pengolah grafis (GPU) dari Adreno 730. Chipset ini dipadu dengan RAM 12 GB dan opsi ruang penyimpanan (storage) 256 GB, 512 GB, dan 1 TB untuk edisi khusus.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com