Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 2023 buat HP Android dan iPhone

Kompas.com - 24/03/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Umat muslim tengah menjalani ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan 2023 (Ramadhan 1444 H). Salah satu hal yang cukup umum dibutuhkan ketika puasa adalah mengetahui jadwal imsak dan berbuka.

Jadwal imsak sendiri merupakan waktu dimulainya ibadah puasa, biasanya ditandai dengan dikumandangkannya azan shalat Subuh. Sedangkan jadwal buka puasa, yakni waktu berakhirnya ibadah puasa yang biasanya ditandai dengan azan shalat Magrib.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Mudik Gratis BUMN 2023 Online serta Syarat dan Jadwalnya

Untuk menunjang kelancaran puasa Ramadhan 2023, umat muslim dapat memakai aplikasi jadwal imsak dan buka puasa. Dengan aplikasi ini, umat muslim tak perlu bingung bila hendak memeriksa jadwal imsak dan buka puasa.

Lantas, apa saja aplikasi jadwal imsak dan buka puasa yang bisa dimanfaatkan buat menjalani puasa Ramadhan 2023? Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut KompasTekno sajikan daftar aplikasi jadwal imsak dan buka puasa Ramadhan 2023.

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa Ramadhan 2023

1. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi jadwal buka puasa dan imsak pertama adalah Muslim Pro. Aplikasi ini dibekali fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu shalat, imsak, dan buka puasa.

Pengguna bakal menerima notifikasi jadwal ibadah dari aplikasi Muslim Pro yang disesuaikan dengan lokasi terkini. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, Muslim Pro dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid.

Aplikasi jadwal buka puasa ini bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

2. Al Quran Indonesia

Ilustrasi aplikasi Al Quran IndonesiaApp Store Ilustrasi aplikasi Al Quran Indonesia

Kedua, terdapat aplikasi jadwal buka puasa dan imsak bernama Al Quran Indonesia. Aplikasi ini sejatinya punya fitur utama terkait bacaan Al Quran. Kendati demikian, aplikasi Al Quran Indonesia juga dilengkapi dengan fitur jadwal ibadah.

Pengguna bisa mendapat notifikasi di layar ponsel ketika telah memasuki waktu salat, imsak, serta buka puasa. Notifikasi di aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara azan. Selain itu, Al Quran Indonesia juga punya fitur penunjuk arah kiblat shalat.

Kemudian, aplikasi Al Quran Indonesia punya segudang fitur yang berkaitan dengan bacaan ayat dari kitab suci Al Quran, termasuk tajwid berwarna, penanda bacaan, lantunan ayat Al Quran yang dibacakan qari, dan sebagainya.

Aplikasi jadwal imsak dan buka puasa ini bisa diunduh secara gratis lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

3. Umma

Ilustrasi aplikasi UmmaGoogle Play Store Ilustrasi aplikasi Umma

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com