Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ChatGPT Makin Pintar dengan Plugin, Bisa Cari Informasi dari Situs Lain

Kompas.com - 24/03/2023, 13:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenAI

KOMPAS.comOpenAI pekan ini resmi mengumumkan dukungan plugin untuk pertama kalinya ke layanan chatbot AI bikinan mereka, ChatGPT

Sederhananya, plugin adalah perangkat lunak (software) tambahan yang bisa menambah kemampuan suatu software atau layanan, dalam hal ini ChatGPT, supaya bisa mengakses beragam konten ekstra dari sumber luar atau layanan pihak ketiga.

Selain itu, plugin juga memungkinkan ChatGPT bisa berinteraksi dengan sistem antarmuka dari sebuah aplikasi (Application Programming Interface/API). Dengan begitu, chatbot besutan OpenAI ini bisa memanfaatkan layanan atau fitur yang ada di dalam sebuah aplikasi.

Baca juga: 6 Fungsi ChatBot ChatGPT dari OpenAI, Dukung 95 Bahasa

Dalam sebuah pengumuman di blog resmi mereka, OpenAI mengatakan bahwa dukungan plugin di ChatGPT memungkinkan layanan chatbot ini bisa semakin pintar, lantaran dapat melakukan berbagai hal ekstra.

Beberapa di antaranya seperti mencari informasi terkini macam harga saham hingga skor pertandingan sepak bola, mencari pengetahuan umum seputar profil pengguna atau perusahaan, dan lain sebagainya dari internet

Sebelumnya, jawaban atau pengetahuan yang dimiliki ChatGPT hanya berdasarkan sejumlah informasi yang telah "dipelajari" chatbot tersebut hingga sekitar 2021 saja.

Artinya, dukungan plugin ini akan membuat database jawaban ChatGPT semakin kaya akan informasi terkini yang berasal dari internet dan layanan pihak ketiga, sama seperti Bing yang bisa memberikan jawaban atas informasi terbaru dari internet.

Bedanya, tidak seperti Bing yang tak memiliki dukungan plugin, kehadiran plugin di ChatGPT memungkinkan layanan chatbot tersebut melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan suatu aplikasi.

Di antaranya mungkin mencakup pemesanan hotel, tiket pesawat, pemesanan makanan, dll secara langsung dari ChatGPT.

Nah, supaya ChatGPT tidak berbuat sewenang-wenang, seperti memesan hotel atau restoran seenaknya, OpenAI mengatakan bahwa pihaknya telah menerapkan sejumlah pengamanan yang ketat terhadap sistemnya.

Baca juga: Apa Itu ChatGPT, Chatbot Buatan OpenAI yang Ramai Digunakan

Tidak disebutkan bagaimana mekanisme keamanan ChatGPT ketika menggunakan plugin ini.

Namun, OpenAI menyebut mereka  telah bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menerapkan sejumlah aksi yang tidak boleh dilakukan oleh ChatGPT tanpa seizin pengguna yang sedang memakai layanan tersebut.

Plugin apa saja yang didukung?

ChatGPT dari OpenAI.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma ChatGPT dari OpenAI.

Saat ini, OpenAI mengatakan bahwa ChatGPT mendukung sekitar 11 plugin eksternal populer, di antaranya seperti plugin pemesanan hotel dan tiket pesawat Expedia, plugin pemesanan restoran OpenTable, hingga plugin belanja kebutuhan sehari-hari Instacart.

Ada pula dukungan plugin untuk platform FiscalNote, Kayak, Klarna Shopping, Milo Family AI, Shop, Speak, Wolfram, dan Zapier, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari OpenAI.com, Jumat (24/3/2023). 

Baca juga: Mengenal Mira Murati, Sosok Wanita di Balik ChatGPT Besutan OpenAI

Tidak disebutkan apakah dukungan plugin ini akan bertambah seiring berjalannya waktu atau tidak.

Namun yang jelas, di samping belasan plugin tadi, OpenAI juga memiliki plugin bikinan mereka sendiri, meliputi plugin untuk mengeksekusi kode bahasa pemrograman, hingga plugin Browsing yang memungkinkan ChatGPT mencari informasi dari internet.

Untuk ketersediaan, OpenAI mengatakan bahwa dukungan plugin di ChatGPT saat ini tersedia bagi sekelumit pengguna ChatGPT Plus dan para pengembang aplikasi yang mengandalkan ChatGPT.

Tidak disebutkan kapan pengguna umum bisa menggunakan aneka plugin di ChatGPT. Namun, OpenAI membuka laman pendaftaran bagi mereka yang tertarik menjajal dukungan plugin tersebut dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber OpenAI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com