Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Hapus Centang Biru Gratisan mulai 1 April

Kompas.com - 24/03/2023, 13:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Twitter mengumumkan akan menghapus lencana atau centang biru gratis yang diberikan kepada akun-akun berpengaruh (influencer) mulai 1 April mendatang. Informasi penghapusan lencana verifikasi ini disampaikan lewat akun resmi Twitter dengan handle @verified.

"Tanggal 1 April, kami akan mulai menghentikan program verifikasi lawas kami dan mulai menghapus centang verifikasi yang lama," tulis akun dengan handle @verified.

Di mekanisme lama, centang biru Twitter diberikan ke akun-akun resmi atau otentik milik tokoh berpengaruh, seperti selebritas, tokoh politik, aktivis, jurnalis, dan sebagainya. Centang biru juga disematkan untuk akun resmi brand, media, atau perusahaan ternama.

Centang biru itu diberikan lewat proses verifikasi internal Twitter.

Baca juga: Ada Akun Centang Emas Twitter, Apa Bedanya dengan Centang Biru?

Nah, apabila akun-akun yang sudah mendapatkan centang biru secara gratis melalui kriteria verifikasi yang lama masih ingin mempertahankan lencana tersebut, mereka harus tetap berlangganan Twitter Blue.

Di sisi lain, akun bisnis dengan centang emas dan akun pemerintah dengan centang abu-abu mesti berlangganan Twitter Verified Organizations.

Berdasarkan laman resmi Twitter, biaya berlangganan Twitter Verfied Organizations dipatok 1.000 dollar AS (sekitar Rp 15 juta, kurs Rp 15.161) per bulan termasuk pajak ditambah 50 dollar AS (sekitar Rp 758.000) untuk setiap tambahan afiliasi layanan.

Harga ini bisa berbeda-beda tergantung negara. Hingga saat ini, belum ada detail harga untuk Indonesia.

Dengan demikian, Twitter tak mau lagi memberikan centang biru secara cuma-cuma untuk kepentingan apa pun.

Rencana ini merupakan realisasi dari janji CEO Twitter Elon Musk pada Desember tahun lalu. Saat itu, Musk mengatakan akan menghapus semua centang biru gratis yang sudah diberikan ke akun-akun berpengaruh dan resmi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Variety, Jumat (24/3/2023).

"Dalam beberapa bulan yang akan datang, kami akan menghapus semua centang biru lawas. Sebab, cara pemberian (centang biru) sangat korup dan tidak masuk akal," tulis Musk.

Baca juga: Twitter Blue Resmi di Indonesia, Harga Langganan mulai Rp 120.000 Per Bulan

Daftar fitur Twitter Blue

cara daftar twitter blueKompas.com/soffyaranti cara daftar twitter blue

Twitter Blue sudah dirilis global beberapa waktu lalu. Layanan ini juga sudah hadir di Indonesia.

Di Indonesia, pengguna yang ingin berlangganan layanan Twitter Blue harus merogoh kocek sebesar Rp 120.000 per bulan atau Rp 1,25 juta per tahun bagi yang mendaftar via Twitter versi web.

Harga berlangganan makin mahal apabila pengguna membeli layanan ini melalui aplikasi Twitter di Android dan iOS (mobile) yang dibanderol seharga Rp 165.000 per bulan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com