Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Setting Alarm di HP biar Tak Ketinggalan Sahur Selama Ramadhan 2023

Kompas.com - 28/03/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Selama Ramadhan 2023, umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa. Dalam ibadah puasa selama bulan Ramadhan, aktivitas sahur atau makan saat dini hari menjadi salah aktivitas yang penting dilakukan.

Kendati penting dilakukan, sahur bisa dibilang menjadi aktivitas yang cukup berat. Pasalnya, seseorang harus bangun tidur saat dini hari di waktu yang tepat agar tak ketinggalan sahur.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Begini Cara Tukar Uang Baru via PINTAR BI buat Lebaran 2023

Untuk mencegah ketinggalan sahur, pengguna biasanya bakal mengatur alarm di handphone (HP). Akan tetapi, meski telah mengatur atau setting alarm di HP, pengguna bisa saja tetap tak terbangun dari tidur dan akhirnya ketinggalan sahur.

Bila merasa mengalami masalah yang serupa seperti itu, terdapat beberapa tips setting alarm di HP supaya tidak terlambat bangun sahur. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara setting alarm di HP biar tak telat sahur.

Cara setting alarm di HP biar tak telat sahur

1. Atur waktu alarm di HP sekitar dua jam sebelum imsak

Langkah pertama adalah atur waktu alarm sekitar dua jam sebelum imsak. Untuk rincian jadwal imsak pada tiap kota/kabupaten di Indonesia, bisa dilihat lebih lanjut di tautan ini https://www.kompas.com/ramadhan/jadwal-imsakiyah.

Jadi, misal imsak jatuh pada 04:30 WIB maka sebaiknya atur waktu alarm di HP agar nyala pada sekitar pukul 02.30 WIB.

Dengan mengatur alarm sekitar dua jam sebelum imsak, asumsinya pengguna dapat memiliki lebih banyak waktu dalam mempersiapkan diri untuk bangun dari tidur malam secara penuh serta mempersiapkan santapan sahur.

2. Atur waktu alarm secara beruntun

Cara yang kedua adalah atur waktu alarm di HP secara beruntun. Cara ini dapat mengantisipasi kejadian pengguna sudah mematikan alarm, tetapi belum bangun juga, sehingga tak ada pengingat lagi.

Pengguna bisa mengatur alarm secara beruntun di waktu-waktu yang berjarak, misal di pukul 02.30 WIB, 02.20 WIB, 02.10 WIB, dan 02.00 WIB.

Untuk mengatur waktu nyala alarm secara beruntun seperti itu, pengguna bisa menambahkan alarm baru di HP dengan waktu yang berbeda setelah membuat satu alarm di waktu tertentu.

3. Pilih nada alarm yang nyaring

Setelah mengatur alarm di jam-jam tertentu secara beruntun, langkah selanjutnya adalah memilih nada alarm. Supaya terdengar dengan baik dan bisa membangunkan dari tidur, sebaiknya pilihlah nada alarm yang nyaring.

Sebagai informasi, ketiga pengaturan alarm yang tertera di atas, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi jam yang tersedia di HP.

4. Tingkatan volume alarm

Keempat, pengguna bisa juga meningkatkan volume alarm agar dapat terdengar dengan baik saat tidur. Di kebanyakan HP, cara menaikkan volume alarm biasanya dapat dilakukan melalui menu pengaturan perangkat bertajuk “Audio”.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 2023 buat HP Android dan iPhone

Demikianlah penjelasan seputar cara setting alarm di HP biar tak ketinggalan sahur selamat Ramadhan 2023, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com