Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Samsung Galaxy A34 5G yang Bikin Suara Telepon Lebih Jernih

Kompas.com - 29/03/2023, 13:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Galaxy A34 5G merupakan ponsel kelas menengah (mid-range) bikinan Samsung yang sudah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu. Sebagai suksesor dari Galaxy A33, perangkat ini datang dengan berbagai macam fitur dan peningkatan.

Salah satu fitur yang dihadirkan adalah Voice Focus. Dengan fitur tersebut, pengguna dimungkinkan melakukan panggilan telepon (voice call) dengan suara yang lebih jelas dan jernih.

Artinya, jika pengguna melakukan panggilan di luar ruangan, seperti di tengah keramaian, ataupun tempat lain yang kurang kondusif, fitur Voice Focus bisa cukup bermanfaat.

Cara kerja fitur Voice Focus ini adalah dengan meredam suara kebisingan dari lingkungan sekitar (ambience) serta meningkatkan frekuensi suara pengguna.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy A34 Dapat Fitur Warisan dari Flagship Galaxy S22

Ketika melakukan panggilan video call ataupun voice call di tempat ramai, fitur Voice Focus bakal secara otomatis meningkatkan kualitas suara selama panggilan berlangsung.

Ditambah, Samsung Galaxy A34 5G tidak dibekali colokan jack audio 3,5 mm sehingga kehadiran fitur Voice Focus ini bisa sangat memudahkan pengguna melakukan voice call atau video call. Konsumen tidak memerlukan mic tambahan dari earphone untuk memperjelas suara.

Cara mengaktifkan fitur Voice Focus di Samsung Galaxy A34KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Voice Focus di Samsung Galaxy A34

Dirangkum KompasTekno dari Sam Mobile, Rabu (29/3/2023), fitur Voice Focus hadir perdana di ponsel Samsung Galaxy F23 5G pada Maret 2022, kemudian diperluas ke lini Galaxy M-series, seperti Galaxy M33 5G dan Galaxy M53 5G pada April 2022.

Kini Samsung mulai memperluas fitur serupa ke jajaran smartphone Galaxy A-series bikinannya. Fitur Voice Focus baru bisa diaktifkan ketika pengguna melakukan panggilan suara melalui nomor ponsel.

Baca juga: Menggenggam Samsung Galaxy A34 5G, HP Mid-range Berwajah Flagship

Saat panggilan suara berlangsung, terdapat ikon microphone di sisi kiri atas. Klik ikon tersebut, maka Voice Focus bakal langsung meredam suara ambience sekeliling.

Tidak diketahui apakah fitur ini bakal diperluas ke aplikasi lain, seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, atau tidak. Namun, saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk panggilan seluler saja.

HP MediaTek Dimensity 1080 pertama

Samsung Galaxy A34 5G memiliki layar Super AMOLED 6,6 inci berdesain infinity-V dengan poni berbentuk tetesan air.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy A34 5G memiliki layar Super AMOLED 6,6 inci berdesain infinity-V dengan poni berbentuk tetesan air.

Selain datang dengan fitur baru, Samsung Galaxy A34 5G juga merupakan smartphone pertama di Indonesia yang ditenagai chipset MediaTek Dimensity 1080.

MediaTek Dimensity 1080 adalah chipset yang dirilis pada Oktober 2022 lalu, sekaligus penerus dari Dimensity 920. Chipset tersebut menawarkan efisiensi dan kecepatan yang lebih ngebut daripada pendahulunya.

Di atas kertas, Dimensity 1080 yang disematkan ke Galaxy A34 dirancang dengan arsitektur 6 nm (nanometer) dan terbagi menjadi dua klaster.

Baca juga: VIDEO: Menjajal Samsung Galaxy A34 5G, Pakai Dimensity 1080 Layar Lebih Lebar

Klaster pertama adalah dua inti dari Cortex-A78 dengan clockspeed 2,6 GHz, sedangkan klaster kedua terdiri dari enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2,0 Ghz. Untuk pengolah grafis, Galaxy A34 mengandalkan Mali-G68 MC4.

Chipset Galaxy A34 tersebut juga berbeda dari pendahulunya. Galaxy A33 yang dirilis tahun lalu, ditenagai chipset bikinan Samsung sendiri, yakni Exynos 1280 yang dirancang dengan fabrikasi 5 nm.

Chipset terbagi menjadi dua klaster. Bagian pertama adalah dua inti dari Cortex-A78 dengan clockspeed 2,4 GHz. Lalu, bagian kedua terdiri dari enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan clock 2 GHz. Kartu pengolah grafis yang digunakan adalah Arm Mali-G68.

Untuk lebih lengkapnya terkait rincian spesifikasi Galaxy A34 di Indonesia, bisa baca artikel “Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A34 5G di Indonesia”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com