Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Boyfriend Air”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di TikTok

Kompas.com - 30/03/2023, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai macam bahasa gaul di TikTok. Salah satunya yang digunakan belakangan ini adalah kata “boyfriend air”. Di TikTok, istilah boyfriend air kerap dipakai untuk membuat video perubahan penampilan seorang perempuan.

Dalam tren boyfriend air, perubahan penampilan yang termuat di video itu umumnya bermula dari penampilan yang baik ke penampilan yang kacau. Contoh videonya bisa dilihat lewat satu satu unggahan TikTok dari akun dengan handle @nishix di bawah ini.

Baca juga: Arti “Time Will Tell” yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

@nishix jumpscare #GetCrackin ? original sound - 222

Di unggahan itu, istilah boyfriend air dipakai dalam video yang menunjukan perubahan penampilan seorang pengguna perempuan dari penampilan yang baik ke berantakan.

Kemudian, sama seperti contoh di atas, salah satu unggahan dari akun dengan handle @signekroger di bawah ini juga menggunakan istilah boyfriend air dalam video yang menunjukan perubahan penampilan pengguna perempuan ke arah berantakan.

@signekroger

????????

? original sound - 222

Dengan adanya tren ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan boyfriend air? Bila penasaran untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti boyfriend air yang ramai di TikTok.

Arti boyfriend air yang ramai di TikTok belakangan

Boyfriend air merupakan salah satu kata dalam bahasa gaul Inggris. Bila diterjemahkan secara harfiah dalam bahasa Indonesia, arti boyfriend air adalah hawa pacar laki-laki. Akan tetapi, arti harfiah itu mungkin kurang cocok bila dihubungkan dengan tren di TikTok.

Baca juga: Arti Kata “TYSM”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos

Dikutip dari Know Your Meme, istilah boyfriend air diketahui mulai populer digunakan di TikTok sejak akhir tahun lalu. Istilah ini muncul setelah terdapat istilah lain, “school air” yang lebih dulu populer tetapi punya kemiripan arti.

School air digunakan untuk menunjukkan penampilan seorang siswa saat awal datang ke sekolah dengan riasan yang lengkap dan rambut yang tertata rapi, lalu setelah masuk dan pulang sekolah, riasan dan tatanan rambut itu berubah menjadi berantakan.

Setelah istilah school air ramai bertebaran, munculah boyfriend air sebagai bentuk variasi. Secara makna dalam bahasa gaul, arti boyfriend air bisa dibilang hampir mirip dengan school air. Bedanya, terletak di subjek yang dapat mempengaruhi penampilan.

Dalam istilah school air, subjek yang mempengaruhi penampilan adalah hawa sekolah. Sedangkan dalam boyfriend air, subjek yang dapat mempengaruhi penampilan itu datang dari hawa pacar laki-laki.

Dengan begitu, boyfriend air artinya adalah hawa di sekitar pacar laki-laki menyebabkan perubahan penampilan pasangan perempuan ke arah yang buruk, seperti riasan jadi kacau, rambut jadi berantakan, dan sebagainya.

Arti boyfriend air yang demikian tepat bila dihubungkan dengan dua contoh video TikTok di atas, yang mana menampilkan perubahan penampilan seorang perempuan, dari semula rapi menjadi berantakan, akibat pengaruh hawa pacar laki-lakinya.

Baca juga: Arti Kata “Situationship”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di Medsos

Demikianlah penjelasan arti boyfriend air yang ramai di TikTok. Untuk diketahui, hubungan pengaruh antara hawa pacar laki-laki dan penampilan pasangannya dalam boyfriend air sejatinya masih asumsi belaka. Jadi, klaim pengaruh tersebut tak perlu diambil pusing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com