Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah “Bombastic Side Eye” yang Sering Digunakan di Medsos

Kompas.com - 31/03/2023, 03:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial) ada banyak sekali jumlahnya. Salah satu bahasa gaul di medsos yang acap kali digunakan adalah kata “bombastic side eye”. Sebagian dari Anda pun mungkin sudah sempat melihat kata itu nongol di linimasa medsos.

Di medsos seperti Twitter, istilah bombastic side eye kerap dipakai dengan disertai gambar atau video tertentu, terutama gambar atau video yang menunjukkan ekspresi wajah dengan pandangan mata melirik tajam ke samping.

Baca juga: Arti FOMO, Bahasa Gaul yang Lagi Viral Belakangan Ini di Twitter

Salah satu contoh penggunaan istilah bombastic side eye dengan gambar tersebut bisa dilihat dari twit yang diunggah oleh akun base dengan handle @convomf, sebagaimana tertera di bawah ini.

Di twit itu, pengirim menuliskan istilah bombastic side eye dan menyertakan gambar ekspresi wajah tokoh animasi dengan pandangan mata melirik tajam ke samping.

Selain contoh di atas, masih bisa ditemukan banyak lagi pengguna yang memakai istilah istilah bombastic side eye dengan menyertakan gambar semacam itu. Lantaran sering dipakai di medsos, lantas sebenarnya apa itu bombastic side eye?

Bila penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti bombastic side eye yang sering digunakan di medsos.

Arti bombastic side eye

Bombastic side eye tidak bisa diartikan secara kata demi kata. Dalam bahasa Inggris, istilah ini terdiri dari dua kata, yakni “bombastic” dan “side-eye”.

Dikutip dari kamus bahasa Inggris Cambridge Dictionary, kata side eye berarti pandangan mata ke samping tanpa memalingkan wajah  untuk menunjukkan perasaan terganggu, tidak hormat, atau tidak percaya atas apa yang dikatakan atau diperbuat orang lain.

Di kamus itu, pemakaian kata side eye dengan arti tersebut dicontohkan dalam salah satu kalimat yang berbunyi seperti ini:

“Leo said having icicles on the house was normal, but I gave him the side-eye, because I don't think icicles are ever a good thing or a normal occurrence.”

Kalimat tersebut bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti seperti ini:

“Leo mengatakan memiliki untaian es pada rumah adalah sesuatu yang normal, tetapi aku memberinya the side-eye (ekspresi wajah atas rasa tak percaya), karena menurutku untaian es bukanlah sebuah hal yang baik atau kejadian yang normal.”

Sementara side-eye adalah ekspresi wajah untuk menunjukkan rasa tidak percaya atau terganggu, bila ditambahkan dengan kata bombastic maka artinya rasa tidak percaya atau terganggu itu bisa terjadi secara luar biasa.

Dikutip dari Urban Dictionary, bombastic side eye artinya adalah ekspresi wajah dengan pandangan mata melirik ke samping ketika terdapat tindakan atau perkataan seseorang yang sangat aneh atau mengganggu.

Baca juga: Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

Dengan arti tersebut, ketika terdapat pengguna yang memakai istilah bombastic side eye, itu berarti mereka sedang ingin menunjukkan apabila terdapat sesuatu tindakan atau perkataan orang lain yang sangat mengganggunya.

Demikianlah penjelasan seputar arti bombastic side eye yang sering digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com