Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Apple Airtag yang Bikin Turis Australia Batal Liburan di Bali

Kompas.com - 03/04/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dua turis asal Australia Emily Sinclair dan Jane harus membatalkan liburannya saat mengetahui terdapat AirTag di dalam tas mereka. Alat itu diduga bertujuan untuk menguntit keberadaan mereka.

AirTag tersebut pertama kali ditemukan saat mereka mendengar bunyi aneh dari salah satu tas. Mereka pun segera mencopot baterai perangkat untuk mematikan alat pelacakan demi menghindari kejahatan yang tak diinginkan.

Lantas apa itu AirTag? AirTag merupakan perangkat kecil buatan Apple yang dapat disematkan ke berbagai benda, mulai dari kunci, dompet, hingga ponsel. Fungsi Airtag adalah sebagai alat penanda dan pelacakan saat sebuah benda hilang. Namun tak jarang AirTag disalahgunakan untuk menguntit seseorang.

Seperti yang diketahui, bahwa alat buatan Apple ini memang memiliki fitur alarm yang berguna untuk melacak benda yang hilang. Sedangkan cara melacaknya, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi “Find My” yang tersedia di iOS.

Kendati demikian, selain memiliki fungsi utama untuk melacak benda yang hilang, dilansir dari Macworld terdapat beberapa fungsi lain dari Airtag. Berikut ini fungsi lain dari AirTag selengkapnya.

Baca juga: 2 Turis Australia Buru-buru Tinggalkan Bali Setelah Temukan AirTag di Tas Mereka

Melacak hewan piaraan dan anak

Salah satu fungsi lain dari Airtag adalah Anda dapat memasangnya pada hewan piaraan. Bisa jadi hal ini berguna saat kucing atau anjing Anda berkeliaran bebas di luar rumah sehingga Anda dapat dengan mudah mencari jejaknya.

Tak hanya itu Airtag juga bisa jadi salah satu alat keamanan untuk anak. AirTag dapat Anda selipkan di tas, buku, jaket, atau mantel mereka. Sehingga Anda tak perlu khawatir keberaannya dan anak tetap dalam pengawasan.

Melacak orang tua atau orang berkebutuhan khusus

Memiliki orang tua dengan usia lanjut usia atau kerabat berkebutuhan khusus terkadang cukup mengkhawatirkan. Tak jarang saat keluar rumah mereka akan lupa jalan pulang. Telebih lagi bagi mereka yang menderita demensia.

Maka dari itu sebagai alat untuk memantau mereka, Anda dapat menggunakan AirTag. Meskipun demikian saat memasang AirTag kepada mereka usahakan untuk tetap meminta izin mereka.

Melacak remote control

Sering kehilangan remote TV di rumah karena lupa meletakkannya? Anda dapat menempelkan AirTag sebagai alat pelacaknya. Untuk menemukan perangkat yang hilang, Anda dapat menggunakan Precision Tracking jika Anda memiliki iPhone 11 atau lebih baru. Precision Tracking akan memberi Anda petunjuk arah ke AirTag untuk membantu Anda menemukannya.

Melacak barang penting (dompet, sepeda, tas, luggage, dan mainan favorit)

Mirip seperti fungsi melacak remote control, AirTag dapat Anda pasang pada barang-barang penting seperti dompet, tas, luggage, hingga mainan favorit yang berpotensi sering hilang dari jangkauan Anda serta dapat meningkatkan kewaspadaan.

Melacak barang hilang atau dicuri

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa AirTag memiliki fungsi utama untuk melacak barang yang rentan dicuri atau hilang, seperti dompet, ponsel, kendaraan, dan lainnya. Dengan bantuan AirTag barang yang hilang akan mudah terpantau hingga ditemukan kembali. Cara melacak barang yang hilang bisa menuju tutorial pada situs resmi berikut ini.

Itulah beberapa fungsi lain dari Airtag. Sebagai informasi bahwa Apple juga merinci petunjuk pengguna keselamatan pribadi. Rincian selengkapnya mengenai Personal Safety User Guide dari Apple dapat diakses di sini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com