Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Ganti Logo, Harga Dogecoin Melambung

Kompas.com - 04/04/2023, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO SpaceX dan Tesla sekaligus pemilik Twitter Elon Musk dikenal sebagai sosok yang bisa mempengaruhi harga saham, mata uang kripto, dan sejenisnya lewat aktivitasnya di media sosial. 

Yang terbaru, harga mata uang kripto Dogecoin (Doge) melonjak lebih dari 30 persen pada perdagangan Senin (3/4/2023), usai Twitter, kemungkinan besar diinisiasi Musk, mengganti logo Twitter dari burung ikonik berwarna biru menjadi logo seekor anjing. 

Di hari tersebut, 1 keping Dogecoin terpantau memiliki nilai yang berkisar di angka 0,1 dollar AS (sekitar Rp 1.490).

Baca juga: Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi Dogecoin, Kenapa?

Padahal sebelum pembukaan perdagangan pada Minggu (3/3/2023), harga Dogecoin tercatat di angka kisaran 0,07 dollar AS (sekitar Rp 1.043).

Harga Dogecoin per Senin (3/4/2023) kemarin yang meningkat 30 persen usai Musk mengganti logo Twitter menjadi Shiba Inu.Coindesk Harga Dogecoin per Senin (3/4/2023) kemarin yang meningkat 30 persen usai Musk mengganti logo Twitter menjadi Shiba Inu.

Terkait logo anjing di Twitter tadi, hewan tersebut merupakan anjing asal Jepang (Shiba Inu) yang kerap dipakai sebagai lelucon (meme) di internet.

Kebetulan, logo anjing tersebut juga merupakan lambang dari mata uang kripto Dogecoin, sehingga kehadirannya di Twitter, yang tentunya bisa dilihat seluruh pengguna jejaring sosial tersebut, mungkin saja bisa mempengaruhi harga Dogecoin. 

Pantauan KompasTekno pada Selasa (4/4/2023) pagi, logo anjing Shiba Inu ini konon hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja, termasuk kami sendiri.

Meski demikian, logo tersebut tampaknya hanya ditampilkan di Twitter versi web saja, tidak di Twitter versi aplikasi untuk smartphone, setidaknya untuk aplikasi Twitter yang terpasang di ponsel Android kami.

Baca juga: Elon Musk Dituntut Ganti Rugi Rp 3.800 Triliun gara-gara Dogecoin

Sedangkan untuk harga Dogecoin per Selasa hari ini terpantau naik turun, namun masih di angka yang cenderung stabil di kisaran 0,09 - 0,1 dollar AS (sekitar Rp 1-341 - 1.490).

Antara Musk, Shiba Inu, dan Dogecoin

Logo Twitter yang diganti di Twitter versi web.KOMPAS.com/Bill Clinten Logo Twitter yang diganti di Twitter versi web.

Twitter sendiri tidak memberikan pernyataan resmi mengapa logo Twitter berubah menjadi Shiba Inu. 

Dalam sebuah twit terbarunya yang melibatkan Shiba Inu, Musk hanya mengunggah sebuah gambar ilustrasi sebuah kupu-kupu berkepala anjing (Shiba Inu) yang tengah mengendarai mobil, disetop, dan ditilang oleh pihak kepolisian.

Adapun polisi yang menilang kupu-kupu ini sedang melihat kartu identitas pengendara mobil yang memuat logo Twitter burung berwarna biru. Di saat yang bersamaan, kupu-kupu tersebut berkata "itu foto lama". 

Terlepas dari twit ini, langkah Musk mengganti logo Twitter tadi, menurut beberapa kabar yang beredar di internet, adalah sebagai upaya dia untuk melepaskan Dogecoin dari sebuah kasus yang tengah berjalan di pengadilan belakangan ini. 

Diketahui pada 2022 lalu, Musk dituntut sejumlah investor senilai 258 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.847 triliun) atas dugaan bahwa ia telah melakukan aksi manipulasi harga Dogecoin di media sosialnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com