Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Bokem, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di Medsos

Kompas.com - 04/04/2023, 15:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, di media sosial seperti Twitter dan TikTok, terdapat salah satu bahasa gaul yang tengah ramai digunakan, yaitu kata bokem. Sebagian dari Anda pun mungkin juga sudah sempat melihat penggunaan kata tersebut di medsos.

Baca juga: Arti Kata “Boyfriend Air”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di TikTok

Di medsos, kata bokem biasanya digunakan untuk menjuluki seseorang. Sebagai contoh, penggunaan kata bokem dengan konteks untuk menjuluki seseorang itu bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @ohsuengmen yang tertera di bawah ini.

Pada twit di atas, pengguna menyebut kata bokem dan menyertakan video yang berisi aktivitas seorang artis dalam sebuah konser. Selain di Twitter, penggunaan istilah bokem juga bisa dijumpai di TikTok.

Bila di TikTok, salah satu contoh penggunaan istilah bokem untuk menjuluki seseorang bisa dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @oshinyalebihdarisatu, sebagaimana tertera di bawah ini.

@oshinyalebihdarisatu Atin bokem #jkt48 #jkt48newera #jkt48one #kathrinajkt48 #bokem #fyp? #fyp ? Shop - Toby Fox

Dalam unggahan itu, istilah bokem disematkan berbarengan dengan video yang berisi aktivitas seorang artis dalam sebuah konser juga. Melihat keramaian penggunaan istilah ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan bokem?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai arti bokem yang ramai digunakan di medsos.

Arti bokem yang ramai dipakai di medsos

Bokem secara harfiah bukanlah bahasa asing, melainkan termasuk kosakata dalam bahasa Indonesia. Namun, dalam bahasa Indonesia, bokem bisa dibilang termasuk bahasa gaul atau slang, bukan bahasa baku.

Bila ditelusuri di medsos, bokem adalah singkatan dari istilah "bocil kematian". Bocil sendiri dalam bahasa gaul adalah singkatan dari bocah kecil. Ada juga yang mengatakan bokem sebagai bocah kematian.

Istilah ini sendiri telah populer digunakan di medsos sejak sekitar dua tahun lalu. Istilah ini dipopulerkan oleh salah satu streamer game di YouTube bernama Windah Basudara.

Windah sering menyebutkan istilah "bocah kematian" atau "bocil kematian" saat sedang melakukan streaming memainkan sebuah game. Saat melakukan streaming, Windah biasa meminta saran ke para penggemarnya dalam bermain game.

Saran yang diberikan penggemarnya bisa beragam. Tak sedikit penggemarnya yang memberikan saran nyeleneh untuk sekadar membercandai atau mengusili sang streamer game tersebut.

Windah lantas menyebut orang-orang atau anak-anak yang usil tersebut dengan istilah bocah kematian. Bila dilihat dari kebiasaan ini, istilah "bocil kematian" atau disingkat bokem artinya adalah anak yang usil atau jahil.

Baca juga: Arti Istilah “Bombastic Side Eye” yang Sering Digunakan di Medsos

Dengan arti bokem yang seperti itu, tak heran bila istilah ini kerap dipakai di medsos untuk menjuluki seseorang. Jadi, saat pengguna memakai istilah ini di medsos, itu berarti mereka sedang menjuluki seseorang sebagai anak yang usil.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai arti bokem yang ramai digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com