Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro, Meluncur di Indonesia Mei

Kompas.com - 05/04/2023, 03:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Xiaomi telah mengumumkan tanggal rilis dan spesifikasi untuk ponsel mid-range terbarunya, Redmi Note 12 Pro.

Smartphone ini akan diluncurkan bulan Mei mendatang menyusul kedua 'saudaranya' yang sudah dipasarkan di Indonesia, yaitu Redmi Note 12 dan Redmi Note 12 Pro 5G.

Melihat spesifikasinya, Redmi Note 12 Pro mengusung layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate hingga 120 Hz. Layar ini sama seperti yang dimiliki Redmi Note 12 versi 'reguler'.

Pada bagian tengah atas layar, terdapat lubang kamera (punch hole) yang memuat kamera selfie, meski belum diketahui rincian spesifikasinya. Bila berpindah ke bagian punggung ponsel, terlihat kamera yang tersusun secara vertikal dalam modul persegi panjang.

Baca juga: Bisnis Xiaomi Seret, Penjualan HP Anjlok

Salah satunya adalah kamera utama yang memiliki resolusi 108 MP. Menariknya, untuk pertama kalinya ponsel ini mendukung perekaman video dengan resolusi tinggi 4k.

Beralih ke dapur pacu, Redmi Note 12 Pro diotaki chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 732G yang mendukung konektivitas 4G LTE. Di keluarganya, dukungan 5G memang hanya tersedia untuk varian yang paling mumpuni, Redmi Note 12 Pro 5G.

Untuk sektor daya, ponsel kelas menengah ini ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 67 Watt. Ini artinya baterai Redmi Note 12 Pro identik dengan Pro 5G.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Xiaomi Indonesia (@xiaomi.indonesia)

Belum diketahui sistem operasi (OS) yang akan dijalankan Redmi Note 12 Pro. Bila mengacu pada kedua 'saudaranya', seharusnya ponsel ini juga menggunakan OS Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 14.

Adapun fitur pendukung lainnya mencakup speaker ganda berteknologi Dolby Atmos, Dolby Vision, headphone jack 3,5 mm, IR blaster, NFC, slot microSD, Xiaomi ProCut, filter film (camera), dan ketahanan anti air dan debu dengan rating IP53.

Laman Instagram Xiaomi Indonesia memastikan bahwa Redmi Note 12 Pro segera diluncurkan bulan Mei mendatang. Kendati demikian, Xiaomi belum mengungkapkan harga jual ponsel tersebut.

Baca juga: Selisih Rp 200.000, Mending Xiaomi 12 Lite atau Redmi Note 12 Pro 5G?

Karena diposisikan sebagai 'anak tengah', ada kemungkinan harga Redmi Note 12 Pro lebih mahal dari Redmi Note 12 (Rp 2,6 juta) dan lebih murah dibanding Redmi Note 12 Pro 5G (Rp 4,6 juta). Kita tunggu saja informasi lebih lanjutnya.

Spesifikasi Redmi Note 12 dan Redmi Note 12 Pro 5G

Redmi Note 12 Pro 5G.GizmoChina Redmi Note 12 Pro 5G.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, Redmi Note 12 dan Note 12 Pro 5G sudah dipasarkan hari ini juga, sedangkan Note 12 Pro akan menyusul.

Untuk spesifikasinya, Redmi Note 12 mengusung layar yang 'kembar' dengan Redmi Note 12 Pro, tetapi terdapat sejumlah penurunan dalam sektor lainnya, misalnya kamera utamanya yang beresolusi 50 MP dan teknologi pengisian cepat 33 Watt.

Smartphone ini memiliki kamera selfie 13 MP di bagian depan ponsel, diikuti kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP di bagian punggung. Redmi Note 12 versi 'reguler' ini ditenagai chipset Snapdragon 685 yang dipadukan dengan RAM 4/6/8 GB dan media penyimpanan hingga 1 TB.

Beralih ke Redmi Note 12 Pro 5G, ponsel ini mengusung layar P-OLED 6,67 inci dengan refresh rate 120 Hz, resolusi Full HD Plus, color gamut 100 persen DCI-P3, dan HDR10+. Soal fotografi, terdapat kamera depan 16 MP, kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Sedangkan untuk performa, smartphone ini mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1080 yang mendukung 5G, dipadukan dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB. Adapun baterai ponsel ini sama dengan Redmi Note 12 Pro, yakni 5.000 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com