Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Berbagi Lokasi

Kompas.com - 05/04/2023, 10:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp tak hanya berfungsi sebagai layanan pesan instan untuk mengirim teks, suara, atau video. Pengguna WhatsApp juga dapat berbagi lokasi baik secara real time maupun membagikan titik lokasi alamat tertentu.

Kendati demikian tak jarang pengguna WhatsApp mengalami gangguan atau error saat berbagi lokasi. Salah satunya pengguna yang tidak bisa berbagi titik lokasi yang diinginkan. Hal ini tentu menjadi hambatan tersendiri. Terlebih lagi saat Anda ingin memberikan informasi terkait alamat tertentu. 

WhatsApp yang tidak bisa berbagi lokasi tentu disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari perizinan Google Maps, izin aplikasi WhatsApp yang bermasalah, dan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa berbagi lokasi.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Beta Keluhkan Bug Out of Date dan Susah Update, Ini Solusinya

Koneksi internet yang tidak stabil

Masalah dasar yang biasa dialami pengguna tidak bisa berbagi lokasi adalah koneksi internet yang tidak stabil. Untuk berbagi lokasi tentu pengguna harus menggunakan internet yang baik agar titik lokasi dapat dibagikan dengan baik oleh penerima.

Maka dari itu Anda dapat mengecek kembali koneksi internet, atau lakukan restart ponsel agar sinyal internet kembali stabil.

Versi aplikasi WhatsApp yang usang

Versi aplikasi WhatsApp yang lama bisa jadi penyebab fitur berbagi lokasi tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan secara normal. Maka dari itu cek versi WhatsApp Anda. Apabila masih berada di versi lama segeralah melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Fitur GPS di ponsel tidak aktif

Masalah ketiga yang membuat Whatsapp tidak bisa berbagi lokasi adalah pengguna belum mengaktifkan fitur GPS di ponsel. Pasalnya, berbagi lokasi di Whatsapp bergantung pada layanan GPS smartphone yang Anda gunakan serta aplikasi Google Maps saat berbagi lokasi di WA.

Aplikasi Google Maps versi lama

Selain aplikasi WhatsApp yang masih berada di versi lama, bisa jadi permasalahan pengguna terjadi pada aplikasi Google Maps yang masih berada di versi lama. Solusinya Anda perlu melakukan update aplikasi Google Maps toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Baca juga: WhatsApp Mulai Gulirkan Akun Resmi di Tab Chat, Apa Fungsinya?

Izin aplikasi WhatsApp

Penyebab Whatsapp tidak bisa berbagi lokasi selanjutnya adalah tentang “setting permission” aplikasi di Whatsapp yang tidak diaktiifkan pengguna. 

Pasalnya untuk menggunakan fitur Share location, pengguna harus memberikan akses atau izin menggunakan GPS atau Google Maps agar bisa memanfaatkan fitur berbagi di WA. 

Sehingga apabila pengguna tidak memberikan izin lokasi pada WhatsApp maka titik lokasi tidak bisa dibagikan. Cara mengaktifkan perizinan aplikasi di ponsel adalah:

  • Pilih “Settings”
  • Klik “Aplikasi” > “Kelola Aplikasi”
  • Pilih aplikasi “WhatsApp”
  • Pilih “Perizinan apl”
  • Klik “Lokasi” dan pilih “Izinkan hanya saat aplikasi digunakan”

Baca juga: WhatsApp Mulai Gulirkan Akun Resmi di Tab Chat, Apa Fungsinya?

Apabila Anda masih mengalami masalah terkait berbagi lokasi, salah satunya live location tidak update maka dapat menuju tautan berikut ini. Demikian cara mengatasi WhatsApp tidak bisa berbagi lokasi. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com