Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Port Charger iPhone dari Debu dan Cairan dengan Mudah

Kompas.com - 05/04/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang menyebabkan port charger iPhone tidak berfungsi? Salah satu penyebab port charger iPhone tidak berfungsi sehingga tidak bisa melakukan pengisian daya adalah terdapat kotoran di dalamnya.

Sebagaimana umum diketahui, charging port atau lubang charger mempunyai fungsi penting di iPhone. Jika terdapat kotoran di dalamnya, pengisian daya iPhone bakal tidak bisa berjalan dengan optimal.

Baca juga: Kenapa Charger iPhone Tidak Masuk? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara membersihkan port charger iPhone dari kotoran supaya bisa mengatasi masalah iPhone tidak bisa mengisi daya bila suatu saat nanti terjadi.

Lantas, bagaimana cara membersihkan lubang charger iPhone? Untuk membersihkan port charger iPhone, terdapat dua cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut dibedakan berdasar jenis kotorannya, yakni kotoran yang berbentuk debu dan kotoran berupa cairan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara membersihkan port charger iPhone, baik dari debu maupun cairan, sebagaimana dilansir laman resmi dukungan Apple.

Cara membersihkan port charger iPhone

Membersihkan port charger iPhone dari debu

Untuk membersihkan port charger iPhone dari debu, langkah awalnya adalah lepas atau cabut semua kabel yang terhubung ke perangkat. Kemudian, matikan iPhone.

Selanjutnya, bersihkan debu yang berada di port charger iPhone. Membersihkan debu dianjurkan menggunakan kain berbahan lembut dan tidak berserat kasar, misalnya kain pembersih lensa atau lap kacamata.

Jangan memasukkan air untuk membersihkan port charger iPhone dari debu. Setelah port dirasa telah bersih, coba nyalakan iPhone dan sambungkan kembali dengan kabel lightning buat mengisi daya.

Membersihkan port charger iPhone dari cairan

Untuk diketahui, mulai seri iPhone Xs ke atas, terdapat fitur yang bisa mendeteksi cairan di port dan konektor. Saat terdeteksi ada cairan, iPhone bakal otomatis menampilkan peringatan bahwa pengisian daya tidak tersedia hingga port atau konektor telah kering.

Jika muncul peringatan seperti itu maka pengguna harus mengeringkan cairan yang terdapat di port atau konektor. Langkah awalnya adalah mencabut terlebih dahulu kabel yang tersambung dengan iPhone.

Kemudian, untuk cairan di konektor, pengguna bisa mengeringkan menggunakan kain berbahan lembut. Sedangkan pada port, pengguna bisa mengetuk iPhone dengan lembut dengan posisi port menghadap bawah untuk mengurangi cairan yang ada.

Setelah itu, letakkan iPhone di area yang kering dengan terdapat hembusan udara. Biarkan selama 30 menit, lalu coba sambungkan kembali iPhone dengan kabel lightning untuk mengisi daya.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Penting dicatat, dalam membersihkan kotoran di port charger iPhone, baik yang berupa debu dan kotoran, pengguna dilarang untuk memakai perangkat pemanas, perangkat kompresor udara, dan produk pembersih yang mengandung zat korosif.

Demikianlah penjelasan seputar cara membersihkan port charger iPhone dari debu dan cairan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com