Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Oppo A78 yang Dijual Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 05/04/2023, 18:09 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.comOppo A78 5G merupakan smartphone kelas menengah (mid-range) terbaru Oppo yang sudah dirilis di Indonesia pada Maret lalu.

Perangkat ini merupakan penerus dari Oppo A77 yang sudah meluncur lebih dulu di China pada September 2022. Bedanya, Oppo A78 5G ini membawa gaya desain yang mirip dengan Oppo Reno8 T.

Dikatakan demikian karena punggung Oppo A78 5G juga dibalut dengan Oppo Glow Design, teknologi pelapisan warna pada cangkang yang tidak mudah pudar, memiliki tesktur kesar, dan diklaim bebas noda sidik jari.

KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menjajal kebolehan dari smartphone Oppo A78 5G warna Glowing Purple yang dibanderol sekitar Rp 4 jutaan untuk varian 8/128 GB.

Baca juga: Oppo A1x Meluncur dengan Dimensity 700 dan Baterai 5.000 mAh

Isi kotak kemasan Oppo A78 yang terdiri dari kabel data USB-A ke USB-C, adapter charger keluaran daya 33 watt, buku panduan, kartu garansi, dan jelly softcase berwarna bening.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Isi kotak kemasan Oppo A78 yang terdiri dari kabel data USB-A ke USB-C, adapter charger keluaran daya 33 watt, buku panduan, kartu garansi, dan jelly softcase berwarna bening.
Di kotak kemasan, Oppo masih membawa desain dan warna kotak yang identik dengan smartphone Oppo pada umumnya, yakni kotak yang memanjang vertikal dengan warna tosca (campuran hijau dan biru).

Di bagian sisi kiri kotak terdapat huruf “A” kapital yang menandakan perangkat berasal dari keluarga Oppo A-series.

Kotak tersebut terbilang cukup lengkap, yakni terdiri dari kabel data USB-A ke USB-C untuk sebagai kabel pengisian daya atau transfer data, adapter charger keluaran daya 33 watt, buku panduan, kartu garansi, dan tidak ketinggalan jelly softcase berwarna bening.

Beralih ke inti dari isi kotak, yakni Oppo A78 5G varian Glowing Purple. Smartphone tersebut datang dengan gaya yang lebih segar sekaligus mewah. Seperti yang disebut di atas, desain perangkat dibalut dengan teknologi Oppo Glow Design.

Jadi, ketika cangkang terkena pantulan cahaya atau sinar matahari, cangkang akan memunculkan warna gradasi lain, seperti kilauan warna kuning yang sedikit kehijauan.

Selain cangkang, logo Oppo yang tertulis di punggung Oppo A78 5G juga dapat memunculkan gradasi warna lain ketika terkena pantulan sinar atau cahayaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Selain cangkang, logo Oppo yang tertulis di punggung Oppo A78 5G juga dapat memunculkan gradasi warna lain ketika terkena pantulan sinar atau cahaya
Hal ini tentunya merupakan suatu kebaruan yang dbawa oleh Oppo A78 5G. Sebab, jika dibandingkan dengan pendahulunya, Oppo A77 dibalut oleh warna cangkang yang digradasi saja.

Ketika terkena pantulan cahaya atau sinar, cangkang tidak menampilkan gradasi warna lain selain yang ada di cangkang.

Oppo A78 5G juga mengadopsi bingkai yang membulat di setiap sudutnya dan datang dengan layar yang datar (flat). Di sisi kiri, terdapat dua tombol yang menonjol untuk pengatur volume dan kompartmen untuk satu kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan.

Baca juga: Oppo Reno8 T 5G Punya Fitur Pixelate di Galeri Ponsel, Apa Fungsinya?

Sementara itu, di sisi kanan terdapat satu tombol daya yang terintegrasi dengan pemindai sidik jari (fingerprint). Terakhir, di bagian bawah terdapat colokan jack audio 3,5 mm, colokan USB-C, dan lubang speaker.

Kesan pertama yang menggoda

Tampilan belakang Oppo A78 5G yang dibalut dengan teknologi Oppo Glow Design sehingga ketika terkena pantulan sinar atau cahaya, cangkang ponsel memunculkan warna gradasi baru, seperti warna kuning kehijau-hijauanKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan belakang Oppo A78 5G yang dibalut dengan teknologi Oppo Glow Design sehingga ketika terkena pantulan sinar atau cahaya, cangkang ponsel memunculkan warna gradasi baru, seperti warna kuning kehijau-hijauan
Pertama kali menggenggam Oppo A78 5G, hal yang pertama kali dirasakan adalah ponsel ini cukup ringan dan nyaman untuk digenggam oleh telapak tangan wanita dewasa.

Ketika digenggam menggunakan satu tangan, tidak ada efek pegal berlebih. Ponsel juga nyaman digenggam dalam kondisi dan keadaan apapun, misalnya dipakai saat sedang berbaring di kasur, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com