Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A34 5G Punya Layar 120 Hz, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 05/04/2023, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy A34 5G merupakan smartphone kelas menengah terbaru Samsung yang meramaikan pasar ponsel Indonesia. 

Ponsel ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan, salah satunya adalah layar Super AMOLED 6,6 inci (Full HD Plus) yang memiliki refresh rate 120 Hz.

Dengan refresh rate sebesar ini, tingkat kemulusan atau animasi yang ditampilkan layar Galaxy A34 5G akan lebih terasa smooth, terutama apabila dibandingkan dengan layar standar dengan refresh rate 60 Hz.

Tingkat kemulusan layar yang memiliki refresh rate 120 Hz sendiri akan lebih terasa apabila pengguna memakai ponsel dengan layar tersebut untuk berpindah antarmenu di ponsel, menelusuri (browsing) internet, hingga bermain game.

Baca juga: Samsung Galaxy A34 Bersertifikasi IP67, Bisa Tahan Air, tetapi...

Ketika bermain game, misalnya, pengguna bisa menjalankan berbagai perintah di dalam game dengan gesit.

Sebab, jumlah gambar yang ditampilkan suatu game per detik, alias frame per second (FPS), bisa ditingkatkan sesuai dengan angka refresh rate yang didukung layar. Hal ini bisa terjadi apabila game tersebut juga mendukung opsi pengaturan FPS tinggi.

Ini artinya, layar Samsung A34 5G akan bisa menampilkan lebih banyak gambar per detik, sehingga animasi game akan terasa lebih lancar dan enak dipandang. 

Dukungan layar 120 Hz di Samsung A34 5G bisa diatur manual oleh pengguna. Caranya, buka

Cara mengatur refresh rate di Samsung Galaxy A34 5G.Kompas.com/Bill Clinten Cara mengatur refresh rate di Samsung Galaxy A34 5G.
menu "Pengaturan/Settings" > "Display/Layar" > "Motion Smoothness".

Nantinya, ada dua opsi yang tersedia, yakni "High" untuk refresh rate 120 Hz dan "Standard" untuk refresh rate 60 Hz.

Perlu diingat, pengaturan refresh rate 120 Hz akan mengonsumsi cukup banyak daya.
Jadi, apabila sedang ingin menghemat daya perangkat, ada baiknya untuk memilih opsi "Standard".

Namun, tampaknya pengguna tak perlu risau soal daya. Sebab, Galaxy A34 5G dibekali baterai yang cukup besar dengan kapasitas 5.000 mAh.

Ponsel terbaru Samsung ini juga memiliki layar dengan touch sampling rate 240 Hz.

Baca juga: Ini Beda Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54

Dengan begitu, layar akan lebih sensitif terhadap sentuhan dan pengguna bisa mengeluarkan perintah di dalam game dengan gesit.

Terkait layar, Galaxy A34 5G juga hadir dengan beberapa fitur layar mumpuni lainnya. Salah satunya adalah Vision Booster untuk meningkatkan tingkat kecerahan dan akurasi warna layar secara otomatis sesuai dengan kondisi lingkungan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G

Tampilan belakang Galaxy A34 5G kini lebih mewah lantaran memiliki warna yang lebih elegan seperti Galaxy S23 Series. Adapun Galaxy A34 5G hadir dalam varian warna Awesome Violet, Awesome Graphite, dan Awesome Silver.

Kebetulan unit yang kami pegang adalah varian Awesome Silver. Varian warna ini memungkinkan punggung perangkat didominasi dengan warna abu-abu, namun bisa berubah warna jika dilihat dari berbagai sudut pandang. KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan belakang Galaxy A34 5G kini lebih mewah lantaran memiliki warna yang lebih elegan seperti Galaxy S23 Series. Adapun Galaxy A34 5G hadir dalam varian warna Awesome Violet, Awesome Graphite, dan Awesome Silver. Kebetulan unit yang kami pegang adalah varian Awesome Silver. Varian warna ini memungkinkan punggung perangkat didominasi dengan warna abu-abu, namun bisa berubah warna jika dilihat dari berbagai sudut pandang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com