Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/04/2023, 10:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa pengguna WhatsApp (WA) mendapati akun WA-nya diblokir sementara. Salah satunya dikeluhkan pengguna WhatsApp di Twitter ini.

Permasalahan ini kembali ramai diunggah di Twiter maupun TikTok. Salah satu utas twit mengeluhkan bahwa akun WhatsAppnya diblokir sementara akibat menggunakan WhatsApp GB. Salah satunya yang hadir pada utas berikut ini.

Meskipun mayoritas pengguna WA yang diblokir adalah pengguna aplikasi WA GB, namun ada pula beberapa pengguna WhatsApp original atau asli yang mengaku akun WhatsApp-nya ikut diblokir seperti pada salah satu twit berikut ini.

Dilansir dari KompasTekno adapun penyebab akun WA diblokir sementara ternyata tidak sepenuhnya karena pemakaian WA GB. Terdapat faktor lain yang menyebabkan kenapa tiba-tiba WA diblokir sementara. Apa saja itu? Selengkapnya uraiannya.

Baca juga: Ramai Akun WA Diblokir Sementara, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab WA diblokir sementara

1. Aplikasi WA ilegal

Salah satu penyebab WA diblokir sementara paling sering terjadi seperti beberapa kasus yang ditemui oleh pengguna Twitter adalah penggunaan aplikasi WA ilegal. Beberapa aplikasi WA tidak resmi ini dapat dijumpai, seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Beberapa aplikasi tersebut merupakan aplikasi tiruan atau modifikasi dari WhatsApp asli. Adapun aplikasi WA ilegal tersebut biasanya tersedia dalam format APK dan bukan dari toko aplikasi resmi.

Pihak WhatsApp pun tidak pernah memberikan izin terkait pengembangan aplikasi WA modifikasi tersebut. Hal tersebut karena aplikasi ini dapat mengoleksi data pribadi dan membahayakan privasi pengguna.

Pihak WhatsApp dapat memberikan sanksi atas penggunaan WA GB dan teman-temannya. Adapun sanksi itu berupa pemblokiran akun sementara dengan batas waktu tertentu dan yang terberat adalah pemblokiran akun permanen.

2. Dinilai melakukan spam

Penyebab selanjutnya adalah pengguna dinilai melakukan spam, melakukan penipuan, atau aktivitas lain yang membahayakan keamanan pengguna lain. Untuk masalah ini, biasanya pesan peringatan yang ditampilkan di aplikasi WA akan berbeda.

Apabila pengguna dinilai melakukan spam maka pesan akan muncul “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”. Bisa jadi permasalahan ini tak hanya mengenai pada akun WA mod namun bisa jadi aplikasi WhatsApp resmi yang disalahgunakan. Lantas bagaimana cara mengatasi akun WA diblokir sementara? Begini penjelasannya.

Cara mengatasi WA diblokir sementara

Menghapus aplikasi WA Modifikasi dan menggunakan aplikasi resmi

Saat WA diblokir sementara biasanya pengguna akan memiliki durasi pemblokiran. Saat durasi pemblokiran sementara berakhir, maka segeralah menghapus aplikasi WhatsApp tidak resmi yang dipakai.

Unduh kembali WA asli yang tersedia di toko aplikasi resmi. Apabila pengguna tidak segera beralih ke WhatsApp resmi, bisa jadi akan mengalami pemblokiran permanen. Untuk mulai beralih ke WA resmi maka cadangkanlah terlebih dulu percakapan yang terdapat di WA Mod.

Cara mencadangkan di WA Mod

  • Klik “Opsi Lainnya”
  • Pilih “Chat” > “Cadangan Chat”
  • Setelah mencadangkan chat, bukalah menu pengaturan ponsel, kemudian ketuk "Penyimpanan" > "File"
  • Temukan folder WhatsApp Mod, kemudian ketuk dan tahan hingga muncul opsi di sudut kanan atas. Klik "Lainnya" > "Ubah Nama"
  • Kemudian ubah nama folder menjadi "WhatsApp"
  • Selanjutnya silakan mengunduh aplikasi WhatsApp yang asli di toko aplikasi resmi
  • Setelah terinstal, silakan login akun di aplikasi WhatsApp resmi
  • Pada halaman pengaturan pencadangan di aplikasi WhatsApp resmi, ketuk "Pulihkan" > "Berikutnya"

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Berbagi Lokasi

Meminta peninjauan atas penilaian spam

Apabila Anda merasa tidak melakukan spam namun terkena pemblokiran, pengguna bisa meminta untuk melakukan peninjauan pada pihak WhatsApp. Terdapat dua cara dalam memohon peninjauan.

Pertama, melalui e-mail permohonan peninjauan dan detail alasannya ke tautan berikut ini. Kedua silakan memilih opsi “minta peninjauan” yang tertera di layar aplikasi WA saat WhatsApp diblokir sementara.

Saat memohon peninjauan nantinya pengguna akan diminta memasukkan kode pendaftaran enam digit yang dikirim lewat SMS. Setelah memasukkan kode tersebut, pengguna bisa mengirimkan permintaan untuk peninjauan dan menambahkan detail alasannya. Pihak WhatsApp akan menghubungi pengguna bila akun telah selesai ditinjau.

Demikian penyebab WA diblokir sementara dan cara mengatasinya. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com