Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal WhatsApp Web Masih Bisa Diakses di Laptop meski HP Mati, Benarkah Demikian?

Kompas.com - 06/04/2023, 13:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di Twitter, tengah ramai perbincangan mengenai WhatsApp Web (WA Web) yang masih bisa diakses meski handphone (HP) pengguna berjauhan dengan laptopnya. Sebagai informasi, WA Web adalah WhatsApp yang bisa diakses via browser di laptop.

Keramaian perbincangan mengenai WA Web tersebut muncul pada salah satu twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Trik agar Orang Lain Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita Tanpa Memblokirnya

Pada twit tersebut, pengirim mengaku bisa mengakses WA Web di laptop milik pasangannya, yang lupa tidak dibawa saat bekerja ke luar kota. Lewat laptop itu, pengirim lantas mengatakan dapat membaca chat WhatsApp pasangannya.

Dari twit di atas, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya apakah WhatsApp web bisa dibuka ketika HP mati atau sedang berjauhan dengan laptop.

Melihat keramaian perbincangan ini, berikut adalah penjelasan mengenai kejadian WA Web masih bisa diakses meski HP mati atau berjauhan dengan laptop.

WA Web masih bisa diakses meski HP mati atau berjauhan dengan laptop

Pertanyaan yang dilontarkan pengguna pada twit di atas merupakan pertanyaan yang wajar. Perlu diketahui, dulu, ketika hendak mengakses WA Web di laptop, HP yang terinstal aplikasi WhatsApp perlu dalam kondisi nyala, online, dan berdekatan dengan laptop.

Jika HP tidak dalam kondisi seperti itu maka WA Web tak bakal bisa diakses di laptop. Bila hendak mengakses, WA Web bakal meminta pengguna untuk login akun WhatsApp ulang dengan memindai kode QR lagi lewat aplikasi WhatsApp di HP-nya.

Sementara itu, kini, proses login dan mengakses WA Web tidak memerlukan kondisi HP yang harus nyala, online, dan berdekatan dengan laptop. WhatsApp telah menggelontorkan fitur multi-device login sejak 2021 lalu.

Fitur multi-device login memungkinkan pengguna dapat mengakses WA Web di laptop tanpa harus memindai ulang kode QR untuk login akun ketika HP berada dalam kondisi mati, tidak terhubung koneksi internet (offline), dan berjauhan dengan laptop.

Dalam kondisi seperti itu, pengguna bisa mengakses WA Web di laptop, asalkan sebelumnya sudah pernah login dan akun WA Web belum di-logout dari perangkat. Untuk mengetahui cara kerja fitur ini, KompasTekno sempat melakukan percobaan.

Dari percobaan tersebut, WA Web tetap bisa diakses dan digunakan untuk berkirim pesan seperti biasanya, meski HP yang terinstal aplikasi WhatsApp dan digunakan untuk login akun berada dalam kondisi tidak terhubung dengan jaringan internet (mode pesawat).

Ilustrasi fitur multi-device login yang membuat WA Web tetap bisa diakses meski HP offline.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi fitur multi-device login yang membuat WA Web tetap bisa diakses meski HP offline.

Saat browser ditutup dan dibuka kembali, WA Web pun masih bisa diakses tanpa harus melakukan login akun ulang. Dengan adanya fitur multi-device login pada WhatsApp, kejadian seperti yang diungkapkan pengguna pada twit di atas sangat mungkin terjadi.

Fitur multi-device login pada WhatsApp berguna ketika pengguna berada dalam situasi genting seperti HP kehabisan baterai. Meski berguna, di sisi lain, fitur ini dapat berpotensi disalahgunakan oleh orang lain bila pengguna tak awas.

Orang lain jadi dapat mengakses WhatsApp pengguna lewat WA Web di laptop miliknya, yang sebelumnya telah digunakan login akun oleh pengguna. Untuk menghindari akses tak diinginkan semacam ini, pengguna sebaiknya tidak login akun WA di sembarang perangkat.

Kalaupun terpaksa harus login akun WA di perangkat yang bukan miliknya, pengguna harus mengeluarkan akun tersebut terlebih dahulu sebelum meninggalkan perangkat itu. Di WA Web, logout akun bisa dilakukan dengan mengetuk ikon titik tiga dan memilih opsi “Keluar”.

Logout akun WA yang tertaut pada WA Web di browser laptop juga bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp pada HP. Caranya buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp HP. Lalu, pilih opsi “Perangkat Tertaut” dan klik opsi “Keluar” pada perangkat lain yang dipakai login.

Baca juga: Cara Bikin Stiker WhatsApp Otomatis di iPhone, Cuma Perlu “Copy-Paste” Gambar

Saat akun WA telah di-logout, WA Web tak akan lagi bisa diakses di browser perangkat terkait. Demikianlah penjelasan mengenai WA Web masih bisa diakses meski HP mati atau berjauhan dengan laptop yang tengah ramai dibicarakan di Twitter, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com