Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi Note 12S dan Redmi Note 12 Pro 4G Meluncur dengan Kamera 108 MP

Kompas.com - 06/04/2023, 13:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi diam-diam meluncurkan Redmi Note 12S dan Redmi Note 12 Pro 4G di pasar Eropa pada Rabu (5/4/2023) waktu setempat.

Melihat desain dan spesifikasinya, Redmi Note 12 Pro 4G versi Eropa tampaknya merupakan 'kembaran' dari Redmi Note 12 Pro 4G yang segera dirilis di Indonesia bulan Mei nanti.

Redmi Note 12 Pro 4G versi Eropa mengusung panel AMOLED dengan refresh rate hingga 120 Hz. Bagian tengah atas layar ini dilengkapi lubang kamera (punch hole) yang memuat kamera selfie, meski belum diketahui rincian spesifikasinya.

Berpindah ke bagian punggung, ponsel ini dibekali kamera yang tersusun secara vertikal dalam modul persegi panjang.

Salah satunya adalah kamera utama beresolusi 108 MP yang mendukung perekaman video dengan resolusi tinggi 4K.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro, Meluncur di Indonesia Mei

Untuk jeroannya, Redmi Note 12 Pro 4G mengandalkan chipset lawas besutan Qualcomm, Snapdragon 732G yang mendukung konektivitas 4G LTE.

Sedangkan untuk urusan daya, ponsel ini ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 67 Watt.

Belum diketahui sistem operasi (OS) yang akan dijalankan Redmi Note 12 Pro 4G. Bila mengacu pada Redmi Note 12 Series yang menyambangi Tanah Air, seharusnya ponsel ini juga menggunakan OS Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 14.

Di luar itu, fitur pendukung lainnya mencakup speaker ganda berteknologi Dolby Atmos, Dolby Vision, headphone jack 3,5 mm, Xiaomi ProCut, dan filter film (camera).

Redmi Note 12 Pro 4G tersedia di sejumlah wilayah Eropa Selatan dan Timur, tetapi nantinya akan tersedia di lebih banyak wilayah di Eropa. Harga Redmi Note 12 Pro 4G adalah 329 Euro (sekitar Rp 5,3 juta).

Spesifikasi Redmi Note 12S

ilustrasi acara peluncuran Redmi Note 12 Series di Athena, YunaniGSMArena ilustrasi acara peluncuran Redmi Note 12 Series di Athena, Yunani

Selain Redmi Note 12 Pro 4G, Xiaomi juga mengumumkan kehadiran Redmi Note 12S untuk pasar Eropa.

Redmi Note 12S mengusung layar berdiagonal 6,43 inci dengan refresh rate hingga 90 Hz. Kemungkinannya, ponsel tersebut menggunakan panel LCD.

Seperti Redmi Note 12 Pro 4G, layar smartphone ini juga 'dihias' dengan modul punch hole yang memuat kamera selfie.

Bila berpindah ke bagian punggung ponsel, terlihat setup tiga kamera yang terdiri dari kamera utama dengan resolusi 108 MP dan dua kamera lainnya yang belum diketahui spesifikasinya.

Baca juga: Selisih Rp 2 Juta, Ini Perbandingan Redmi Note 12 dan Redmi Note 12 Pro 5G

Ketiga kamera yang dibantu AI ini tersusun secara vertikal dalam modul persegi panjang. Modul ini memiliki default warna hitam meski ponsel tersebut memiliki pilihan warna yang bervariasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com