Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Beli Tiket Bus Online dengan Mudah buat Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 09/04/2023, 03:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Lebaran 2023, masyarakat biasanya telah mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung kelancaran perjalanan mudik atau pulang kampung, salah satunya seperti memesan tiket transportasi.

Transportasi untuk mudik Lebaran 2023 bisa bermacam-macam, termasuk menggunakan bus. Lantas, apakah tiket bus bisa pesan online? Layanan pesan tiket online yang mungkin cukup umum diketahui banyak pengguna adalah untuk transportasi kereta dan pesawat.

Baca juga: Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Voucher Diskon Belanja hingga Rp 100.000 Selama Ramadhan 2023

Akan tetapi, transportasi bus sejatinya juga memiliki layanan pesan tiket online. Lantas, bagaimana cara pesan tiket bus secara online untuk mempersiapkan kebutuhan transportasi saat mudik Lebaran 2023?

Beli tiket bus online bisa dilakukan melalui berbagai cara. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara beli tiket bus online.

Cara beli tiket bus online untuk mudik Lebaran 2023

1. Beli tiket bus online via Traveloka

Bila pengguna ingin beli tiket bus online lewat Traveloka, unduh dulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi Traveloka yang sudah terinstal di ponsel dan mulai pesan tiket bus online dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih menu “Bus & Shuttle” di halaman awal aplikasi.
  • Masukkan titik lokasi keberangkatan dan tujuan akhirnya.
  • Atur jadwal keberangkatan dan jumlah kursi penumpang yang dibutuhkan.
  • Kemudian, klik opsi “Search” dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan daftar ketersediaan bus sesuai dengan permintaan pengguna, beserta harganya.
  • Pilih bus sesuai dengan fasilitas yang dibutuhkan, kemudian klik opsi “Select”.
  • Selanjutnya, Masukkan data penumpang dan pemesan di kolom yang tersedia, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail aktif.
  • Cek kembali detail pemesanan tiket, kemudian klik opsi “Pilih Cara Pembayaran”.
  • Pembayaran pemesanan tiket Traveloka bisa dilakukan lewat ATM bank, Mobile Banking, atau kasir Indomaret dan Alfamart, dengan batas waktu yang ditentukan.

Setelah pembayaran berhasil, pengguna bakal menerima e-tiket di alamat e-mail yang tadi telah didaftarkan pada data penumpang dan pemesan. e-tiket juga bisa diakses di halaman aplikasi pada menu “Pemesanan”.

E-tiket itu nantinya berfungsi untuk memvalidasi pengguna saat hendak naik bus di titik lokasi keberangkatan. Tunjukkan e-tiket tersebut ke staf bus di titik berangkat untuk ditukar dengan tiket kertas.

2. Beli tiket bus online via Redbus

Cara beli tiket bus online yang kedua adalah melalui aplikasi Redbus. Pengguna bisa mengunduh Redbus lewat Google Play Store atau App Store.

Setelah Redbus terinstal, buka aplikasi Redbus yang sudah terinstal di ponsel dan mulai pesan tiket bus online dengan cara sebagai berikut:

  • Di halaman awal aplikasi, masukkan titik lokasi awal keberangkatan dan tujuan akhirnya. Masukkan jadwal keberangkatan dan klik opsi “Cari”.
  • Aplikasi bakal memuat daftar jenis bus dan rincian harga tiketnya.
  • Pilih jenis bus yang hendak digunakan, lalu masukkan beberapa data diri, seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan nomor telepon aktif .
  • Setelah data terisi lengkap, klik opsi “Pembayaran” untuk melanjutkan pembayaran pemesanan tiket bus.
  • Pilih metode pembayaran yang bakal digunakan, bisa lewat ATM bank, Mobile Banking, serta kasir Alfamart dan Indomaret.
  • Apabila pembayaran telah berhasil, pengguna bakal memperoleh tiket digital yang dapat diakses di menu “Perjalanan Saya” pada aplikasi Redbus.

Tiket tersebut juga dikirim pada alamat e-mail yang tadi dicantumkan saat mengisi data diri. Kemudian, pengguna bisa menunjukkan tiket digital itu ke staf perusahaan bus yang berada di titik lokasi keberangkatan.

3. Beli tiket bus online via website resmi perusahaan bus

Selain dua cara di atas, pengguna juga bisa pesan tiket bus online dengan mengunjungi website resmi perusahaan bus. Kini, beberapa perusahaan bus memiliki platform website yang bisa dimanfaatkan untuk memesan tiket.

Adapun salah satu perusahaan bus yang menyediakan website pemesanan tiket adalah PO Harapan Jaya. Bila ingin menggunakan bus dari PO Harapan Jaya, pengguna bisa memesan tiketnya di laman https://tiket.busharapanjaya.com/id.

Setelah masuk pada halaman awal situs tersebut, masukkan titik lokasi keberangkatan dan tujuan akhirnya, lalu masukkan juga jadwal keberangkatan. Kemudian, situs bakal menampilkan ketersediaan bus beserta harga tiketnya.

Pilih bus yang hendak digunakan dan isi beberapa data diri, yang meliputi nama lengkap, alamat e-mail aktif, nomor telepon aktif, dan jumlah kursi. Kemudian, lakukan pembayaran pemesanan tiket yang dapat dilakukan lewat ATM bank atau Mobile Banking.

Bila pembayaran berhasil, invois atau tiket digital bakal dikirimkan ke alamat e-mail yang tadi telah dimasukkan. Invois itu bakal ditukar dengan tiket cetak resmi dari perusahan bus saat pengguna hadir di titik lokasi keberangkatan.

Baca juga: 5 Aplikasi Pengingat Waktu Shalat buat Bantu Tingkatkan Ibadah Selama Ramadhan 2023

Itulah tiga cara beli tiket online buat persiapan mudik lebaran 2022 lewat aplikasi ponsel dan website resmi perusahaan bus, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com