Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen-Z di TikTok Tersadar, Kamera DSLR Lebih Bagus ketimbang iPhone

Kompas.com - 10/04/2023, 09:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Peta Pixel

KOMPAS.com - Baru-baru ini muncul tren baru di TikTok yang membandingkan hasil potret menggunakan kamera iPhone dengan kamera profesional DSLR (Digital Single Lens Reflex).

Sebagian besar pengguna, khususnya generasi-Z menyebut kamera DSLR dan mirrorless dapat menghasilkan gambar lebih baik daripada kamera iPhone. Beberapa dari mereka bahkan ada yang terdorong untuk langsung membeli kamera digital.

Tren tersebut pertama kali diunggah oleh salah satu kreator bernama Lauren Wolfe dengan handles @laurenwolfe pada Maret lalu. Video tersebut berisikan dirinya yang tengah berpose di pantai.

Ia membandingkan hasil gambar dari kamera iPhone miliknya dengan kamera mirrorless merek Canon G7x. Video tersebut mendadak viral dengan penonton sebanyak 4 juta views dan sudah disukai lebih dari 800 ribu akun.

Baca juga: Sony Sebut Kamera Smartphone Bakal Lebih Bagus Dibanding DSLR dan Mirrorless

“(Video ini) sangat meyakinkan saya untuk membeli kamera digital,” ujar salah satu pengguna yang menulis opininya di kolom komentar.

Pantauan KompasTekno, video yang diunggah akun tersebut memang menampilkan gambar dengan perbedaan yang signifikan.

Di bagian awal video, objek yang dipotret menggunakan iPhone terlihat gelap, nyaris seperti siluet. Hal ini mungkin disebabkan oleh posisi objek yang tampak membelakangi cahaya matahari, alias backlight.

Kemudian, di bagian selanjutnya, Lauren membandingkan hasil foto menggunakan kamera digital miliknya. Hasilnya, objek yang dipotret jauh lebih terlihat. Di saat bersamaan, pemandangan sore dipantai tetap terlihat natural dan lebih jernih.

Tampaknya sang fotografer juga menggunakan lampu kilat saat memotret karena terdapat pantulan lampu kilat di bingkai kacamata Lauren.

Dalam kesempatan lain, kreator bernama Laurah (handles @laurahwclx) juga mengikuti tren serupa, yakni membandingkan foto dirinya di pantai menggunakan iPhone dengan kamera Fujifilm seri XT-1. Video tersebut ditonton 600.000 views dengan 160.000-an likes.

Sama seperti Lauren, hasil foto sebelum dan sesudah yang ditampilkan memang menunjukkan kamera digital mampu menghasilkan gambar yang lebih jelas, penuh detail, kontras yang tinggi, tetapi tidak di saat yang bersamaan masih nyaman untuk dilihat mata.

Baca juga: Mirrorless Canon EOS R6 Mark II RF Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Fotografer yang memotret Lauren di pantai juga menggunakan teknik yang sama, yakni memanfaatkan lampu kilat (LED flash).

Penggunaan lampu kilat tersebut mampu menonjolkan objek dengan jelas dan terang, sekaligus memberi efek kontras pada pemandangan pantai di belakangnya.

Konten lainnya juga diunggah oleh model bernama Amaya Crichton. Video tersebut mampu menembus 6,1 juta penonton (views). Di bagian takarir (caption), Ayama menjelaskan bahwa ia menggunakan iPhone dan kamera Canon PowerShow G7x Mark III.

@amayacrichton Digital camera is Canon g7x mark iii #digitalcamera Ib @laurenwolfe @bellarmrz ? original sound - Lauren Wolfe

Tren ini pun semakin marak diikuti oleh sejumlah pengguna TikTok. Semua konten perbandingan itu tidak menyebut jenis kamera iPhone yang digunakan dan selalu membandingkan hasil foto potrait di pantai. Kebanyakan kreator juga hanya mengumbar jenis kamera yang dipakai saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com