Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13 Ultra Dipastikan Meluncur Bulan Ini, Pakai Kamera Leica

Kompas.com - 10/04/2023, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi dipastikan bakal meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, yaitu Xiaomi 13 Ultra pada April 2023 ini. 

Hal tersebut disampaikan CEO Xiaomi, Lei Jun dalam sebuah postingan Twitter melalui akun resmi dengan handle @leijun. 

Dalam postingan ini, Jun menyebut bahwa Xiaomi 13 Ultra akan dibekali spesifikasi kamera mumpuni yang dirancang oleh perusahaan lensa kenamaan di dunia, Leica

Baca juga: Xiaomi 13 dan 13 Pro Meluncur Global, Dibekali Teknologi Kamera Leica

"Kami tidak sabar untuk memperkenalkan sistem kamera, optik, dan lensa Summicron terbaru buatan Leica, yang bakal menghadirkan pengalaman fotografi smartphone cemerlang dari berbagai aspek untuk pertama kalinya dalam sejarah," tulis Jun.

Jun tak menyebutkan bagaimana kemampuan lensa Summicron yang nantinya bakal membekali Xiaomi 13 Ultra.

Namun jika mengacu pada situs web resmi Leica, Summicron adalah lensa sferis (spherical) 50 mm yang diklaim dapat menghasilkan foto berbidang pandang lebar dengan warna dan kontras yang cukup detail dan tajam.

Baca juga: Huawei Pastikan Kerja Sama dengan Leica Sudah Berakhir

Tidak disebutkan bagaimana nantinya lensa ini akan bisa ditanamkan di Xiaomi 13 Ultra.

Yang jelas, apabila melihat perangkat purwarupa Xiaomi 12S Ultra Concept, lensa tersebut kemungkinan akan bisa dipasangkan secara langsung sebagai modul lensa eksternal yang menempel dengan modul kamera belakang.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13 Ultra

Tampang Xiaomi 12S Ultra Concept yang dipasangi lensa eksternal.9to5Google Tampang Xiaomi 12S Ultra Concept yang dipasangi lensa eksternal.

Terlepas dari kamera dan perkiraan peluncurannya, Jun tak mengumbar spesifikasi atau tanggal pasti kapan Xiaomi bakal menguak spesifikasi dan harga Xiaomi 13 Ultra. 

Namun apabila menelusuri rumor yang telah beredar selama ini, Xiaomi 13 Ultra kabarnya bakal ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan media penyimpanan (storage) hingga 512 GB.

Pada sektor kamera, ponsel ini disebut bakal dibekali empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, dan dua kamera telefoto yang masing-masing beresolusi 50 MP. 

Baca juga: Bisnis Xiaomi Seret, Penjualan HP Anjlok

Di bagian depannya, ponsel ini juga memiliki kamera dengan resolusi 32 MP, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets360, Senin (10/4/2023).

Pada aspek layar, Xiaomi 13 Ultra konon bakal mengadopsi layar AMOLED LTPO dengan ukuran 6,7 inci, resolusi WQHD Plus, dan refresh rate 120 Hz. 

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini kabarnya meliputi sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka MIUI 14, serta baterai berkapasitas 4.900 mAh yang mendukung pengisian cepat berdaya 90 watt

Lantas, apakah rumor tentang spesifikasi Xiaomi 13 Ultra ini akurat? Kita nantikan saja peluncurannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com