Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Port RJ45 dan Fungsi-fungsinya

Kompas.com - 10/04/2023, 11:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengunakan komputer Anda tentu tak asing lagi dengan istilah port. Port merupakan alat yang memungkinkan perangkat dan aplikasi dapat berkomunikasi dan bertukar data dengan perangkat lain atau jaringan.

Setiap port memiliki nomor port. Nomor port inilah yang digunakan untuk megarahkan data ke tujuan yang tepat. Misalnya saja port RJ45. Port ini digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan ke perangkat, seperti komputer, router, swiitch, dan lainnya.

Apabila Anda masih asing dengan istilah port RJ45, selengkapnya mari mengulasmengenai port RJ45 beserta fungsi-fungsinya.

Baca juga: 12 Jenis Port Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya

Pengertian Port RJ45

Dilansir dari Easy Tech Junkie, port RJ45 merupakan port data yang biasanya digunakan untuk koneksi Ethernet atau serial dengan jack 8 posisi 8 konduktor (8P8C). Port ini biasa ditemukan di komputer, router jaringan, sakelar, dan hub.

Port RJ45 biasanya menggunakan empat kabel 8P8C untuk komunikasi Ethernet. Pin 1 dan 2 berfungsi sebagai transmisi, sedangkan pin 3 dan 6 sebagai penerima.

Port umumnya menghubungkan perangkat menggunakan kabel pasangan berpilin Kategori 5 (CAT5) atau Kategori 6 (CAT6). Kombinasi port dan kabel ini biasanya mendukung kecepatan komunikasi hingga 1 gigabit per detik (Gbps).

Sejarah singkat Port RJ45

Port RJ45 adalah jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel Ethernet. Sejarah port RJ45 dimulai pada tahun 1970-an saat standar kabel twisted-pair Ethernet pertama kali diperkenalkan.

Pada awalnya konektor yang digunakan untuk kabel Ethernet ini adalah BNC (Bayonet Neill-Concelman), yang digunakan untuk menghubungkan kabel koaksial. Namun, BNC memiliki kekurangan yaitu lebih sulit dipasang dan tidak dapat menghubungkan banyak kabel secara efisien.

Oleh karena itu, pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, para insinyur mulai mencari alternatif yang lebih baik. Saat itu RJ45 mulai muncul. RJ45 pertama kali diperkenalkan oleh Western Electric pada tahun 1976.

RJ45 merupakan singkatan dari Registered Jack 45, yang mengacu pada jenis konektor dan nomor pendaftarannya di Federal Communications Commission (FCC).

Meskipun RJ45 awalnya dibuat untuk menghubungkan telepon, namun karena konektor ini sangat cocok untuk kabel Ethernet twisted-pair, maka mulai digunakan untuk koneksi jaringan pada 1980-an.

Konektor RJ45 akhirnya menjadi standar untuk koneksi Ethernet dan menjadi sangat populer di seluruh dunia. Hingga saat ini, port RJ45 masih menjadi standar untuk koneksi Ethernet, meskipun beberapa jenis konektor lain seperti USB dan Thunderbolt juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan.

Baca juga: USB-C, Satu-satunya Port di MacBook 12 Inci

Fungsi Port RJ45

Berikut ini beberapa fungsi dari port RJ45: 

Menghubungkan perangkat jaringan

Port RJ45 digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan seperti router, switch, dan komputer ke jaringan LAN atau WAN.

Menghubungkan perangkat IoT

Port RJ45 dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat IoT seperti kamera CCTV, mesin fotokopi, dan perangkat cerdas lainnya ke jaringan.

Transfer data

Port RJ45 digunakan untuk mentransmisikan data dalam jaringan seperti file, dokumen, dan informasi lainnya. 

Streaming video dan audio

Beberapa perangkat audio dan video dapat terhubung ke port RJ45 untuk streaming video dan audio. 

Akses internet

Port RJ45 memungkinkan pengguna untuk mengakses internet melalui koneksi jaringan yang terhubung ke port tersebut.

Baca juga: Jenis-jenis Server dalam Jaringan Komputer

Menghubungkan perangkat penyimpanan

Port RJ45 dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti hard disk network attached storage (NAS) ke jaringan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com