Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Find My Device di Android 14 Bisa Lacak Ponsel Hilang meski Keadaan Mati?

Kompas.com - 11/04/2023, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, fitur Find My Device menjadi salah satu andalan untuk melacak HP Android saat hilang. Hanya saja, fitur ini cukup terbatas.

Pasalnya, ponsel hanya bisa dilacak ketika masih dalam keadaan aktif saja.  Nah, keterbatasan itu tampaknya akan segera teatasi di Android 14 mendatang.

Menurut kabar terbaru, Google dilaporkan tengah mengembangkan fitur Find My Device di Android 14 yang memungkinkan pengguna melacak smartphone-nya meski dalam keadaan mati.

Apabila terealisasi, fungsi fitur ini nantinya bakal semakin mirip dengan Find My Device (Lacak) di Apple.

Menurut bocoran terbaru, fitur ini baru terendus di perangkat Google Pixel. Teknologi pelacakan teranyar tersebut dinamai "Pixel Power-off Finder".

Adapun informasi ini datang dari pembocor gadget bernama Kuba Wojciechowski. Menurutnya, Google akan memanfaatkan teknologi UWB (Ultra Wideband) dan alat pencari lokasi seperti yang digunakan Apple AirTags.

Baca juga: Cara Melacak HP Android yang Terselip dengan Fitur Find My Device

Ultra Wideband adalah teknologi nirkabel berbasis gelombang radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Bedanya, UWB mampu mentransfer data antar perangkat dalam jarak jauh sekaligus mendeteksi posisinya secara akurat.

Kembali ke Pixel Power-off Finder tadi, Google belum lama ini membagikan kode sumber Android 14 kepada perusahaan pembuat komponen (Original Equipment Manufacturer/OEM) yang terdaftar dalam Program Akses Awal (early access).

Wojciechowski menilik kode sumber itu dan menemukan Hardware Abstraction Layer atau sebuah lapisan abstraksi perangkat keras baru bernama "hardware.google.bluetooth.power_off_finder".

Berdasarkan baris kode itu, diketahui bahwa hardware Bluetooth di dalam ponsel akan tetap aktif bahkan ketika ponsel dalam keadaan mati.

Hardware ini kemudian digabungkan dengan teknologi UWB yang memungkinkan server Google untuk mendeteksi lokasi smartphone pengguna dengan akurasi yang tinggi, baik dalam kondisi aktif maupun tidak aktif.

Saat ini, belum diketahui apakah smartphone Android selain Google Pixel yang sudah meluncur akan mendukung fitur ini atau tidak. Kemungkinannya, Find My Device teranyar bisa dinikmati perangkat Android yang terbaru, misalnya saja Google Pixel 8.

Google pun belum mengonfirmasi kehadiran dan tanggal peluncuran fitur pelacakan itu.

Namun, raksasa teknologi tersebut diprediksikan akan mengumumkan pembaruan Find My Device dalam gelaran Google I/O pada 10 Mei mendatang, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Android Police, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Cara Kerja Find My Device di Android, Fitur Penting Pelacak HP Hilang

Google siapkan pesaing AirTag dan Samsung SmartTag

Selain pembaruan Find My Device, Wojciechowski mengeklaim bahwa Google sedang sibuk menyiapkan alat pencari lokasi yang menjadi pesaing Apple AirTag dan Samsung SmartTag.

Alat dengan kode nama "Grogu" ini dilengkapi speaker dan teknologi radio Ultra Wideband.

Speaker pada alat pencari ini mampu mengeluarkan suara yang membantu pengguna untuk melacak perangkat yang hilang.

Baca juga: Apa Itu Apple AirTag yang Bikin Turis Australia Batal Liburan di Bali?

Di sisi lain, teknologi UWB juga menawarkan presisi yang jauh lebih tinggi daripada Bluetooth. Dengan teknologi ini, pengguna bisa menggunakan antarmuka (UI) seperti kompas atau peta pada ponsel yang membantu pelacakan ponsel.

Alat pelacak ini kabarnya akan diumumkan pada konferensi Google I/O bulan Mei dan kemudian diluncurkan musim gugur ini dalam sejumlah pilihan warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com