Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet Mars Bisa Dijelajahi lewat Peta 3D, Mirip Google Earth

Kompas.com - 11/04/2023, 13:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para peneliti di pusat riset ilmu pengetahuan dan sains Caltech, California, Amerika Serikat (AS) merilis sebuah peta planet Mars dalam bentuk tiga dimensi (3D) yang bisa diakses publik.

Dengan peta 3D ini permukaan Mars bisa dijelajahi, seperti menjelajahi permukaan Bumi menggunakan layanan Google Earth

Peta planet Mars dalam bentuk 3D sebenarnya sudah ada di internet. Bedanya, peta 3D "Planet Merah" buatan Caltech ini memiliki kualitas gambar 20 kali lebih baik. 

Disebut lebih baik karena citra planet Mars ini diklaim bisa memuat detail 5 meter data permukaan Mars dalam sebuah piksel. Berbeda dengan peta Mars sebelumnya di mana satu piksel bisa membuat 100 meter data permukaan Mars.

Baca juga: Robot Penjelajah Mars Ternyata Diotaki Prosesor Komputer Lawas

Dengan begitu, pengguna akan bisa melihat obyek permukaan planet Mars dengan lebih detail.  

Secara teknis, peta 3D planet Mars dari Caltech yang dijuluki "Global CTX Mosaic of Mars" ini terdiri dari 110.000 gambar berkualitas tinggi yang diambil oleh Context Camera (CTX).

Kamera CTX sendiri terpasang di pesawat Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) yang telah mengelilingi planet Mars sejak 2016 lalu.

Pada proses pembuatan peta 3D planet Mars tersebut, ratusan ribu gambar yang diambil kamera CTX tadi "dijahit" dan digabungkan menjadi satu, hingga menjadi sebuah mosaik super besar berukuran 5,7 triliun piksel (5,7 terapiksel).

Adapun mosaik jumbo ini diklaim mampu menggambarkan 99,5 persen seluruh permukaan planet Mars, yang meliputi 88 derajat ke Mars bagian utara dan 88 derajat ke Mars bagian selatan. 

Gambar diambil selama 6 tahun

Ilustrasi gunung api Olympus Mons di Mars.Caltech Ilustrasi gunung api Olympus Mons di Mars.
Menurut para peneliti di Caltech, ratusan ribu gambar permukaan Mars yang berwarna hitam putih ini diambil selama kurang lebih enam tahun sejak sekitar 2016 lalu.

Dalam kurun waktu ini pula, para peneliti Caltech menjahit gambar-gambar itu menggunakan dua metode, yaitu secara otomatis menggunakan algoritma, dan menggabungkannya secara manual.

Baca juga: Ketik Ingenuity di Google Search, Helikopter Penjelajah Mars Akan Terbang di Layar

Adapun gambar yang dijahit secara manual ada sekitar 13.000 gambar, dan metode ini terpaksa harus dilakukan karena kualitas belasan ribu gambar tersebut terganggu, sebagai akibat dari kondisi lapisan atmosfer planet Mars yang tipis. 

Kembali lagi ke hasil akhir peta Mars yang dirilis Caltech tadi, selain melihat Planet Merah ini secara 3D, pengguna juga bisa melihat beberapa area menarik yang ada di planet tersebut melalui menu yang tersedia.

Beberapa di antaranya seperti gunung berapi Olympus Mons, dataran Terra Sirenum, wilayah berdebu Medusae Fossae, dan masih banyak lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheRegister, Selasa (11/4/2023).

Selain itu, pengguna juga bisa melihat sejumlah kendaraan jelajah permukaan Mars milik NASA (Mars Rover), seperti Preseverance, Spirit, Opportunity, dan Curiosity, serta melihat sudah sejauh mana mereka menjelajah planet Mars.

Penasaran melihat bagaimana citra planet Mars yang disusun oleh para ilmuwan di Caltech ini? Pengguna bisa melihat dan menelusuri peta 3D planet Mars tersebut di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com