Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu “Komang” Raim Laode Pecahkan Rekor Spotify

Kompas.com - 11/04/2023, 14:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lagu berjudul “Komang” yang dilantunkan oleh Raim Laode memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu paling banyak diputar se-Indonesia selama satu hari. Rekor itu terpecahkan pada 3 April 2023 lalu.

Lagu "Komang" memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari dari semua lagu di Spotify Indonesia, menyalip lagu "Hati-Hati di Jalan" dari Tulus dan "Sial" dari Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

Bagi yang belum familier, lagu tersebut banyak ditemukan di media sosial untuk dijadikan musik latar (backsound), terutama di Instagram dan TikTok.

Selain memecahkan rekor, lagu yang dilantunkan pemuda asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini juga masuk tangga lagu “Top 50 Indonesia” dengan peringkat ke-22 pada 16 Februari 2023. Tidak berselang lama, lagu tersebut naik ke peringkat kedua.

Baca juga: Layanan Spotify Live Pesaing Clubhouse Ditutup

Memasuki minggu selanjutnya, tepatnya 2 Maret 2023, Raim berhasil membawa lagunya bertengger di peringkat pertama sebagai lagu yang paling banyak diputar selama empat minggu berturut-turut.

“Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan viral,” ujar Raim Laode dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Selasa (11/4/2023).

“Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Inilah yang memperkuat keyakinan saya bahwa terkadang mimpi terwujud di waktu yang tidak terduga.” tambah Raim.

Lagu Komang yang dinyanyikan Raim Laode menduduki peringkat pertama di tangga lagu Top Songs IndonesiaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Lagu Komang yang dinyanyikan Raim Laode menduduki peringkat pertama di tangga lagu Top Songs Indonesia
Pantauan KompasTekno di aplikasi Spotify, Selasa (11/4/2023), lagu tersebut kini sudah diputar sebanyak 7,68 juta kali. Lagu "Komang" menyalip beberapa lagu lokal dan internasional lainnya. Salah satunya lagu “Sial” Mahalini yang sempat menjadi juara bertahan.

Lagu “Sial” tercatat sudah diputar sebanyak 6,67 juta kali. Kemudian, di posisi ketiga dan keempat, masing-masing diisi oleh lagu internasional dari Miley Cyrus “Angles Like You” dan SZA “Kill Bill”.

Selain menjadi lagu paling populer di Indonesia, “Komang” juga sempat menyabet sejumlah pengakuan di tingkat global, seperti masuk tangga lagu “Viral 50 Global” , “Viral 50 Malaysia”, “Viral 50 Singapore”, “Viral 50 Taiwan”, “Viral 50 Philippines”, dan “Spotify Top Global”.

Single yang dibawakan Raim Laode dilaporkan berhasil melampaui lagu-lagu populer lainnya, seperti “Hati-hati di Jalan” Tulus dan “Glimpse of Us” Joji.

Baca juga: Cara Membuat Cover Playlist Spotify di HP dan Browser

Asal usul lagu “Komang”

Raim Laode sendiri merupakan pemuda berusia 28 tahun yang berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Lagu “Komang” diunggah ke Spotify pada Agustus 2022 lalu, tetapi tidak terlalu disambut antusias oleh para pendengar kala itu.

Nama judul yang dipakai Raim terinspirasi dari istrinya yang bernama Komang. Istrinya lahir dari sebuah kesederhanaan sehingga mendorong Raim menciptakan lagu yang menceritakan tentang sang istri.

Menurut Raim, lagu tersebut juga ditujukan untuk seluruh perempuan Bali, Indonesia yang sudah mendedikasikan dirinya bekerja keras selama ini. Walau menggunakan kata-kata yang sederhana, lirik lagu yang disampaikan punya makna dan emosi yang sangat kuat.

Ditambah, lantunan musik khas pop yang didominasi oleh petikan senar gitar dan ketukan drum membuat perasaan pendengar bisa langsung terwakilkan. Kombinasi ini secara tidak langsung membuat Raim tidak sulit membangun kedekatan antara dengar dan dirinya sendiri.

Selain lagu “Komang”, Raim juga merilis lagu “Cemburu” pada 2018 sebagai single perdananya, “Suasana Rumah” pada 2019, dan “Sang Badut” pada 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com