Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Ponsel Lipat Baru Xiaomi yang Unik dan Tak Umum?

Kompas.com - 11/04/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya sedang mengembangkan smartphone lipat terbarunya. Kabar ini terendus dari sebuah paten desain ponsel lipat milik Xiaomi yang beredar di internet.

Salah satu situs teknologi asal China bernama It Home mengumbar bahwa Beijing Xiaomi Mobile Software mendafatarkan sebuah paten desain ponsel lipat ke Kantor Kekayaan Intelektual di China.

Di bagian deskripsi perangkat, tertulis desain tersebut ditujukan untuk smartphone yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi, aktivitas fotografi, aplikasi multimedia dan berjejaring, dan sebagainya.

Baca juga: Xiaomi Rilis Ponsel Lipat Pertama Mi Mix Fold, Harga Rp 20 Jutaan

Akan tetapi, desain lipat yang diusung oleh Xiaomi bukanlah yang bisa dilipat secara vertikal, seperti Samsung Galaxy Z Flip series, ataupun dilipat horizontal layaknya menutup buku, seperti Galaxy Z Fold atau Mi Mix Fold series.

Konsep desain yang dibawa cukup berbeda dari kebanyakan ponsel lipat pada umumnya.

Dari gambar paten yang diumbar, layar depan dihiasi oleh tiga lubang di bagian tengah atas dan diyakini sebagai kamera depan (selfie).

Lalu, setengah layar depan smartphone terlihat dapat dilipat ke belakang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Giz China, Selasa (11/4/2023).

Artinya, tiga lubang yang diyakini sebagai kamera depan tadi, bisa berubah menjadi kamera belakang. Desain baru dan unik ini tampaknya ingin memanfaatkan kamera depan agar bisa dipakai menjadi kamera belakang secara bersamaan.

Lalu, apabila dilihat dengan lebih teliti, bagian atas punggung perangkat terdapat cekungan untuk menampung layar depan yang dilipat ke belakang.

Hal ini mengindikasikan bahwa saat pengguna kembali meluruskan layar ke depan atau merentangkan layar ke atas, punggung smartphone tidak akan memiliki model rata, tetapi mempunyai cekungan di bagian atasnya.

Sebuah paten yang didaftarkan Beijing Xiaomi Mobile Software, mengindikasikan model smartphone lipat anyar Xiaomi dengan mekanisme yang unik dan berbeda dari ponsel lipat sebelumnya. Di sisi belakang atas bodi, terdapat sebuah cekungan untuk melipat dan membentangkan bagian atas layar ponsel.Gizmo China Sebuah paten yang didaftarkan Beijing Xiaomi Mobile Software, mengindikasikan model smartphone lipat anyar Xiaomi dengan mekanisme yang unik dan berbeda dari ponsel lipat sebelumnya. Di sisi belakang atas bodi, terdapat sebuah cekungan untuk melipat dan membentangkan bagian atas layar ponsel.

Beralih ke sisi sebelah kiri bodi, terdapat tombol menyerupai pil yang cukup panjang. Belum diketahui fungsi dari tombol tersebut. Kemungkinan, tombol tersebut berfungsi sebagai pengatur volume.

Baca juga: Ponsel Lipat Diprediksi Makin Laris Tahun 2027

Sementara itu, di bagian bawah, terdapat colokan pengisi daya dan transfer data yang menyerupai USB tipe C. Di sisi kanan dan kiri lubang charging terdapat lubang speaker.

Spesifikasi yang dimiliki perangkat masih belum diketahui lebih lanjut. Mengingat Xiaomi juga belum memberikan pernyataan resmi apapun, belum diketahui secara pasti apakah perusahaan bakal benar-benar merealisasikan ponsel lipat dengan desain tersebut atau tidak.

Namun, jika perusahaan merealisasikan konsep desain tersebut, Xiaomi tampaknya akan menjadi vendor smartphone yang membawa desain unik dan berbeda dari kebanyakan ponsel lipat pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com