Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Cara Menghindari QRIS Palsu | Gen-Z di TikTok Tersadar, Kamera DSLR Lebih Bagus ketimbang iPhone

Kompas.com - 12/04/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, ramai modus penipuan dengan memanfaatkan QRIS palsu. QRIS palsu tersebut ditempel di kotak amal beberapa masjid di Jakarta.

Untuk menghindari modus penipuan dengan QRIS palsu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara menghindari modus penipuan dengan QRIS palsu menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain itu, ada pula kabar soal generasi Z (gen-Z) di TikTok yang ramai membandingkan hasil potret kamera iPhone dengan kamera profesional DSLR. Hasilnya, mereka tersadar, bahwa kamera profesional memang lah lebih baik dari kamera iPhone.

Ada pula beberapa berita teknologi populer lain, termasuk soal update harga smartphone Oppo bulan April 2023. Berikut rangkuman berita teknologi populer di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Tren Gen-Z di AS, Tinggalkan Smartphone dan Ganti ke Ponsel Fitur | Viral Foto Barbie Selfie Generator, Ini Cara Bikinnya

Marak QRIS palsu, begini cara menghindarinya

Baru-baru ini, modus penipuan dengan memanfaatkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) marak terjadi di sejumlah masjid di kawasan Jakarta Selatan. Pelaku penipuan menyebar stiker QRIS palsu di beberapa kotak amal masjid-masjid tersebut.

Mulanya, ditemukan 12 QRIS palsu yang tertempel di area Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru. Kemudian, ditemukan lagi 20 stiker QRIS palsu yang sama di Masjid Nurul Iman, Blok M.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghindari QRIS palsu seperti yang tertempel di beberapa masjid tersebut.

Selain berkedok penipuan, QR code palsu juga bisa dimanfaatkan untuk kejahatan phishing. Berikut tips menghindari QRIS atau QR code palsu lainnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek secara fisik QRIS yang hendak dipindai. Apabila stiker QRIS cukup mencurigakan, Anda patut waspada.

Nah, cara menghindari QRIS palsu selengkapnya bisa disimak di artikel "Marak QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid, Ini 5 Cara Menghindarinya".

Daftar HP Oppo terbaru April 2023

Menyambut Lebaran 2023, Oppo mengumumkan harga terbaru untuk smartphone dan produk IoT (Internet of Things) besutannya. Ada beberapa model smartphone Oppo yang mengalami pemangkasan harga.

Misalnya saja Oppo A17k yang kini didiskon Rp 100.000, menjadi Rp 1,7 juta. Ada pula Oppo A17 yang juga turun harga Rp 100.000, dan kini dibanderol Rp 2 juta saja.

Daftar harga HP Oppo terbaru bisa disimak di artikel "Daftar HP Oppo Terbaru April 2023, Harga Mulai Rp 1,7 Juta".

Ramai game mewarnai di Google, ada buku mewarnai edisi lebaran

Belakangan ini, Twitter tengah diramaikan dengan unggahan pengguna yang membagikan pengalaman bermain game mewarnai di Google. Salah satu contoh keramaian tersebut bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @convomf.

Pada twit tersebut, pengirim membagikan tangkapan layar yang tampak seperti buku mewarna digital. Sembari membagikan tangkapan layar tersebut, pengirim mengatakan buku mewarna digital itu merupakan salah satu layanan dari Google.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com