Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera 200 MP HP Xiaomi Terbaru Kalah dari Kamera 12 MP iPhone Lawas

Kompas.com - 12/04/2023, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Salah satu ponsel terbaru Xiaomi, yaitu Redmi Note 12 Pro Plus 5G, dibekali dengan sejumlah fitur unggulan, salah satunya berasal dari aspek kamera.

Tak main-main, Xiaomi menanamkan sensor dengan resolusi besar, yaitu 200 MP (f/1.65), pada kamera utama ponsel tersebut.

Kamera utama ini lantas dipadukan dengan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera selfie 16 MP (f/2.5). 

Nah, baru-baru ini, DxOMark resmi merilis hasil ulasan kamera Redmi Note 12 Pro Plus 5G untuk mengulik kebolehan kamera ponsel tersebut lebih jauh.

Secara performa keseluruhan, Redmi Note 12 Pro Plus 5G berada di posisi ke-74 sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark dengan skor 113 poin. 

Baca juga: Selisih Rp 2 Juta, Ini Perbandingan Redmi Note 12 dan Redmi Note 12 Pro 5G

Skor ini lebih rendah dibanding sejumlah smartphone yang memiliki kamera utama di bawah 200 MP, salah satunya iPhone 11 yang hanya memiliki kamera utama beresolusi 12 MP (f/1.8). 

Dalam daftar ponsel dengan kamera terbaik versi DxOMark, ponsel yang dirilis pada 2019 ini berada di posisi ke-62 dengan skor rata-rata 116 poin. 

Ini artinya, kamera 12 MP di iPhone 11 masih lebih baik dari kamera 200 MP di Redmi Note 12 Pro Plus 5G, setidaknya jika mengacu pada hasil pengujian dan skor DxOMark. 

Kelebihan dan kekurangan kamera Redmi Note 12 Pro Plus 5G

Selain skor performa kamera keseluruhan, DxOMark juga memberikan sejumlah kelebihan dan kekurangan kamera ponsel yang bisa dibilang sebagai model termumpuni di keluarga Redmi Note 12 Series ini.

Berdasarkan hasil uji coba DxOMark, kamera Redmi Note 12 Pro Plus 5G dianggap memiliki jangkauan exposure yang baik, dynamic range yang luas, serta white balance yang cukup di kondisi cahaya redup.

Selain itu, kamera ponsel ini juga dinilai bisa menghasilkan foto yang cukup tajam yang minim noise di kondisi pencahayaan terang, serta tingkat fokus otomatis (autofocus) yang gesit dan akurat ketika mode perekaman video. 

Sedangkan untuk kekurangannya, DxOMark menyebut bahwa kamera Redmi Note 12 Pro Plus 5G secara umum kurang baik dalam perekaman video.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Dalam pengujian DxOMark untuk mode perekaman video, fitur exposure kamera ponsel ini dinilai bisa tidak konsisten, sehingga menghasilkan video yang secara tiba-tiba bisa terlalu terang atau terlalu gelap. 

Lalu, mode perekaman video, lanjut DxOMark juga cenderung mempertajam obyek-obyek yang dianggap kurang penting, dan fitur penstabil gambar kurang bisa diandalkan. 

Pada aspek foto, kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus 5G adalah kecenderungan kamera ultrawide ponsel yang gemar menghadirkan efek distorsi warna dalam setiap gambar yang diambil. 

Kemudian, fitur autofocus di mode pemotretan juga dianggap kurang gesit, sehingga hasil foto bakal kurang optimal di beberapa kondisi pemotretan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DxOMark, Rabu (12/4/2023).

Penasaran bagaimana uji kebolehan kamera Redmi Note 12 Pro Plus 5G versi DxOMark? Hasil ulasan lengkap kamera ponsel tersebut bisa dilihat dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DxOMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com