Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi, Satu Nomor WhatsApp Bisa Dipakai di Dua HP

Kompas.com - 12/04/2023, 11:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Sebentar lagi pengguna WhatsApp bisa menggunakan satu nomor di dua ponsel yang berbeda. Pasalnya, pihak WhatsApp diketahui tengah menguji coba fitur ini kepada para pengguna WA versi beta.

Keberadaan dari fitur bernama Companion Mode ini sebenarnya sudah diketahui sejak akhir 2022 lalu. Menurut situs pembocor fitur-fitur anyar WhatsApp, WABetaInfo, Companion Mode kini digelontorkan untuk WhatsApp beta Android di versi 2.23.8.2.

Artinya, fitur tersebut masih belum digelontorkan secara resmi untuk publik. WhatsApp sendiri saat ini hanya mengizinkan satu nomor telepon atau akun WA di satu perangkat ponsel.

Companion Mode ini berbeda dengan fitur Multi-devices yang sudah ada di WhatsApp. Fitur Multi-devices WA memungkinkan pengguna menghubungkan akun atau nomor miliknya ke empat perangkat yang berbeda.

Baca juga: Ramai soal WhatsApp Web Masih Bisa Diakses di Laptop meski HP Mati, Benarkah Demikian?

Namun, fitur ini tidak mendukung perangkat mobile, melainkan hanya untuk perangkat seperti PC dan web. Companion Mode ini disebut-sebut akan menyempurnakan kemampuan WhatsApp untuk terhubung dengan perangkat lain.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur Companion Mode ini juga belum tersedia untuk pengguna iOS.

Cara kerja Companion Mode

Fitur baru WhatsApp ini dirancang untuk menautkan atau menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda dengan satu nomor yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (12/4/2023).

Jadi, jika Anda memiliki WhatsApp dengan nomor “A” yang terdaftar, nomor tersebut juga bisa digunakan di aplikasi WhatsApp HP lain.

Fitur baru WhatsApp bernama Companion Mode memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor yang sama di dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah ilustrasi cara menggunakan fitur Companion ModeWABetaInfo Fitur baru WhatsApp bernama Companion Mode memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor yang sama di dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah ilustrasi cara menggunakan fitur Companion Mode

Cara menggunakan “Companion Mode” bisa dimulai dari mengunduh aplikasi WhatsApp di perangkat kedua. Setelah itu, buka WhatsApp dan lakukan pendaftaran.

Tidak perlu memasukkan nomor ponsel, cukup klik ikon titik tiga di kanan atas dan pilih “Link a device” atau “Tautkan ke perangkat”. Sistem akan memunculkan kode QR yang bakal dipindai (scan) oleh smartphone utama.

Baca juga: Trik agar Orang Lain Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita Tanpa Memblokirnya

Nah, pengguna harus membuka WhatsApp di ponsel utama, klik “Settings” dan pilih “Linked Devices”. Lalu, pindai kode QR di perangkat kedua menggunakan perangkat utama. Tunggu beberapa saat, biarkan sistem memuat data dari perangkat pertama ke perangkat kedua.

Setelah proses menautkan selesai, pengguna dapat mengakses WhatsApp seperti sedia kala. Riwayat obrolan di Chat ataupun Group Chat hingga riwayat panggilan yang ada di perangkat utama dapat tetap diakses di perangkat yang baru.

Kehadiran fitur ini akan memudahkan pengguna, agar tidak perlu repot membeli nomor ponsel yang baru jika ingin mendaftar WhatsApp atau mencadangkan data (backup) guna memindahkan data WhatsApp dari ponsel satu ke yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com